Peringati Sumpah Pemuda, kaum milenial Kalteng berbagi pengetahuan

id Sumpah pemuda, inovasi literasi kalteng, pemuda berbagi pengetahuan, kadisperpusip kalteng sri widanarni, sharing knowledge, dinas perpustakaan dan ar

Peringati Sumpah Pemuda, kaum milenial Kalteng berbagi pengetahuan

Kegiatan inovasi literasi peringati Hari Sumpah Pemuda yang digelar di halaman Kantor Disperpusip Kalteng, Palangka Raya, Rabu, (28/10/2020). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Rabu (28/10), kaum milenial berprestasi di Kalimantan Tengah berpartisipasi dalam kegiatan inovasi literasi yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) provinsi bekerja sama dengan Euroweek Indonesia.

"Memperingati Sumpah Pemuda ini, kaum milenial berprestasi di bidang olahraga kami ajak untuk 'sharing knowledge' atau berbagi pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki," kata Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, melalui Pelaksana Tugas Kadisperpusip Sri Widanarni di Palangka Raya.

Melalui kegiatan sharing knowledge ini, pihaknya ingin kaum milenial di Kalteng bisa saling berbagi hal positif, sekaligus mendorong generasi muda lainnya untuk terpacu mengembangkan keahlian ataupun talenta yang dimiliki.

Pihaknya meyakini, setiap manusia memiliki anugerah dari Tuhan berupa talenta maupun keahlian tertentu yang jika dikelola dan dikembangkan dengan baik, maka dapat dimanfaatkan untuk mengukir prestasi serta bermanfaat bagi diri sendiri ataupun orang lain.

"Jadi kaum milenial berprestasi disini bisa berbagi dan menceritakan pengalaman yang dimiliki, baik dari tahap awal ia memulai, hingga akhirnya mampu meraih prestasi pada berbagai ajang bergengsi," tegasnya.

Kegiatan ini juga sebagai upaya mendukung gerakan literasi di Kalimantan Tengah. Menurutnya literasi tak hanya dilakukan dengan membaca buku ataupun berbagi buku yang dianggap menarik, namun juga bisa dilakukan dengan hal lainnya, salah satunya sharing knowledge tersebut.

"Kami juga ingin memotivasi generasi muda di Kalteng agar terus semangat meningkatkan kemampuan dan daya saing yang dimiliki. Buktikan bahwa generasi muda di Kalteng mampu bersaing dengan mereka yang ada di kota-kota besar lainnya di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Tiara Rossa mengatakan, kegiatan yang pihaknya gelar mengambil tema Kalteng "sports to the next level".

"Kegiatan inovasi literasi kali ini memperingati Sumpah Pemuda dengan menampilkan perwakilan olahragawan di Kalteng," ucapnya.

Adapun inovasi Literasi merupakan ide dan upaya   mengenalkan dan membawa literasi menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan, sekaligus mengenalkan lebih luas akan aspek kehidupan lain yang perlu diapresiasi. Setiap pekannya membawa tema unik dan semua pendukung acaranya menampilkan kreativitasnya secara sukarela.