Pramuka Kalteng diminta berpartisipasi aktif dalam pencegahan COVID-19

id Pramuka kalteng, pramuka berpartisipasi cegah covid 19, kalimantan tengah, kuala kapuas, stunting

Pramuka Kalteng diminta berpartisipasi aktif dalam pencegahan COVID-19

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng bersama kwartir wilayah Kapuas pada edukasi pencegahan transmisi COVID-19 dan stunting, sekaligus penyerahan bantuan perlengkapan perkemahan di Aula Dinas Pendidikan Kapuas, Minggu, (22/11/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Gerakan Pramuka Indonesia di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah diminta berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

"Kita semua harus peduli dan berperan aktif mencegah penyebaran COVID-19," kata Anggota Majelis Pembimbing Daerah Darliansjah saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng Yulistra Ivo di Kuala Kapuas, Minggu.

Hal itu ia sampaikan saat membuka kegiatan edukasi pencegahan transmisi COVID-19 dan stunting, sekaligus penyerahan bantuan perlengkapan perkemahan di Aula Dinas Pendidikan Kapuas.

Menurutnya edukasi pencegahan transmisi COVID-19 merupakan kepedulian dan partisipasi jajaran Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah, mendukung upaya pemerintah maupun masyarakat menangani penyebaran virus tersebut.

"Kepedulian dan peran aktif mencegah penyebaran virus ini, harus dimulai dari diri kita sendiri maupun lingkup terkecil di sekitar kita," jelasnya yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng.

Partisipasi semua pihak, termasuk jajaran Gerakan Pramuka Indonesia di seluruh wilayah Kalteng menghadapi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini merupakan suatu keharusan.

Semua pihak sudah mengetahui pandemi yang telah berlangsung cukup lama ini, memberikan banyak dampak kepada masyarakat dalam berbagai sektor, tak hanya kesehatan namun juga ekonomi dan lainnya.

"Maka untuk mengakhiri pandemi yang masih berlangsung ini, perlu kesadaran dan partisipasi semua pihak. Utamanya secara ketat menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan," terangnya.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut, sejumlah bantuan diserahkan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng kepada Kwartir Gerakan Pramuka Kapuas, berupa dua unit tenda peleton, empat unit tenda regu dan lainnya.

"Semoga bantuan ini bisa dioptimalkan pemanfaatannya, serta menunjang kegiatan kepramukaan di wilayah setempat," jelasnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar