Produk perikanan Kalteng raih peringkat empat nasional

id Dislutkan kalteng, produk perikanan kalimantan tengah, amplang, harkannas, hari ikan nasional, pameran produk perikanan, abon ikan kalteng, darliansja

Produk perikanan Kalteng raih peringkat empat nasional

Dislutkan Kalteng mengikuti 'live zoom' pameran produk perikanan dari 34 provinsi di Indonesia, memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) secara daring di Palangka Raya, Kamis, (26/11/2020). (ANTARA/Ho-Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Produk perikanan asal Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih peringkat keempat dalam kegiatan 'live zoom' pameran produk perikanan dari 34 provinsi di Indonesia dalam rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) tahun 2020.

"Produk perikanan Kalteng berhasil meraih peringkat keempat dalam kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP KKP)," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng, Darliansjah di Palangka Raya, Kamis (26/11) malam.

Capaian ini tentunya menjadi bukti bahwa produk perikanan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) asal Kalteng sangat potensial untuk terus dikembangkan, serta diperluas jangkauan pasarnya ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Dalam hal ini, Pemprov Kalteng melalui Dislutkan bersama OPD terkait lainnya, senantiasa mendorong masyarakat atau para pelaku usaha di bidang perikanan, terus berinovasi dan berkreasi melalui berbagai produk olahannya guna meningkatkan kesejahteraan.

Adapun produk unggulan UMKM pengolahan ikan Kalteng yang ditampilkan dalam 'live zoom' pameran produk perikanan Ditjen PSDKP KKP tersebut, seperti produk olahan amplang Syarifah Salmah dan Salbiah Abuk, serta abon ikan gabus berbagai rasa dari PMEFS.

"Juga produk olahan lais, saluang dan bilis crispy goreng olahan Tampung Parei, pempek ikan gabus, belida dan tenggiri Dapur S'Best Palangka Raya," jelasnya.

Lebih lanjut Darli menjelaskan, pengembangan berbagai produk olahan perikanan di Kalteng yang potensial tersebut, menjadi peluang yang harusnya bisa dimanfaatkan masyarakat guna memacu pertumbuhan perekonomian daerah.

Sementara itu dalam peringatan Harkannas 2020 tersebut, Dislutkan Kalteng juga berpartisipasi dalam acara makan ikan serentak dari seluruh provinsi di Indonesia.

Ia mengatakan, hidangan ikan dari Kalteng yang disajikan dalam kegiatan itu meliputi panggang kalok ikan gabus, kandas sarai ikan patin, juhu rimbang, singkah umbut campur kepala patin, ikan lais crispy, serta pepes ikan saluang.

"Kami terus berupaya memperkenalkan produk-produk ikan masyarakat Kalteng, hingga nantinya diharapkan menjadi menu unggulan yang mampu menembus nasional," ungkapnya.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar