DPRD Pulang Pisau ajak seluruh elemen wujudkan visi dan misi daerah

id DPRD Pulang Pisau ajak seluruh elemen wujudkan visi dan misi daerah, pulang pisau, DPRD pulang pisau

DPRD Pulang Pisau ajak seluruh elemen wujudkan visi dan misi daerah

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau Ahmad Rifa'i, Wakil Ketua I DPRD, Ahmad Fadli Rahman dan Wakil Ketua II DPRD, Nova Selvia Baboe. ANTARA/HO-DPRD Pulang Pisau

Pulang Pisau (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Ahmad Rifa'i mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), pemangku kepentingan dan elemen masyarakat agar saling bekerjasama dan bahu membahu menyukseskan apa yang telah menjadi visi dan misi pemerintah daerah demi terciptanya masyarakat yang damai, maju, berkeadilan dan sejahtera.

“Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut bisa dilakukan dengan dukungan berbagai program percepatan sarana dan prasarana wilayah, tata ruang dan pemukiman serta peningkatan kesejahteraan melalui berbagai program pelayanan publik berbasis kerakyatan seperti bidang pendidikan, kesehatan, serta program kemanusiaan lainnya,” kata Rifai di Pulang Pisau, Senin.

Legislator Partai Golkar ini juga selalu memberi dukungan penuh terkait dalam penyelesaian program-program yang belum terealisasi untuk bisa direalisasikan pada periode ke dua tahun 2018-2023.

Tujuan tersebut bisa tercapai, apabila semua elemen masyarakat bisa bersinergi dalam menjalankan program yang telah tertuang didalam visi dan misi tersebut.

Menurut Rifa'i, upaya peningkatan infrastruktur pembangunan seluruh jalan desa menuju ke kecamatan serta terkoneksinya jalan kecamatan terhubung ke akses jalan kabupaten, saat ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat.

Meski belum seratus persen terlaksana, namun dengan adanya dukungan semua pihak semua program peningkatan infrastruktur tersebut bisa terealisasi sepenuhnya secara bertahap.

Terkait pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM), dirinya berharap peningkatan terhadap kualitas mutu pendidikan dan peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat terus dilakukan oleh SOPD terkait.

“Untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dengan membangun dan meningkatkan kepercayaan kepada Tuhan sesuai agama masing-masing harus disertai dengan mewujudkan peningkatan sarana dan prasarana serta semua rumah ibadah tanpa ada perbedaan,” ucap Rifa`i.

Ditambahkan Rifai, bahwa DPRD akan sepenuhnya mendukung soal penganggaran, selama program tersebut untuk kebaikan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sejak awal, DPRD telah berkomitmen siap bekerja sama secara maksimal dengan eksekutif untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten setempat.

Wakil Ketua I DPRD Pulang Pisau Ahmad Fadli Rahman mengatakan, dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah itu, salah satunya adalah memperkuat bidang pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di kabupaten setempat.

Selain program "Food Estate", pengembangan komoditas lain juga harus dilakukan oleh pemerintah setempat. Fadli mendorong para petani perkebunan di Kecamatan Pandih Batu, Kecamatan Maliku dan kecamatan lain dalam membudidayakan tanaman kopi sebagai komoditas bernilai jual tinggi di kawasan lahan pertanian yang dinilai kurang produktif.

“Dahulu, para petani di dua kecamatan tersebut banyak yang bergelut budidaya tanaman kopi, namun seiring bergulirnya waktu banyak yang beralih ke tanaman lain seperti karet, sawit, dan sengon,” terang Fadli.

Legislator PDI Perjuangan ini mengaku melihat prospek dan peluang yang cukup bagus sekarang ini, dirinya kembali mengajak kepada masyarakat khususnya para petani perkebunan yang sebelumnya pernah pernah bergelut dalam budidaya tanaman kopi agar bisa kembali membudidayakan tanaman kopi.

Komoditas tanaman kopi sekarang memiliki peluang pangsa pasar yang sangat baik untuk dikembangkan disamping komoditas perkebunan lain yang digeluti.

Fadli mengungkapkan pada saat melakukan kunjungan ke Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah di Palangka Raya, dia juga telah mengusulkan program-program bantuan bibit maupun sarana dan prasarana sebagai pendukung pasca panen.

Diharapkan pada 2021 para petani budidaya tanaman komoditas kopi di kabupaten setempat bisa mendapatkan bantuan peralatan tersebut, sehingga para petani yang sebelumnya menggeluti tanaman kopi bisa kembali bergairah, salah satunya dengan perluasan lahan tanaman kopi.

Wakil Ketua II DPRD Pulang Pisau Nova Selvia Baboe mengatakan untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah, termasuk pemberdayaan kaum perempuan. Keterlibatan kaum perempuan di dalam lingkungan legislatif, eksekutif dan organisasi masyarakat (Ormas) merupakan perwujudan dari upaya perempuan dalam menyuarakan peran dan memberikan kontribusi dalam pembangunan di berbagai bidang.

“Keterlibatan kaum perempuan dalam pembangunan tidak terlepas dari upaya pentingnya untuk meningkatkan kapasitas dan memfasilitasi peran perempuan di segala bidang tanpa merubah kodrat sebagai perempuan itu sendiri,” kata Nova.

Menurut Nova, perlu dibangun jejaring sebagai wadah kaum perempuan untuk bertukar pikiran, gagasan serta pengalaman, dalam memberikan sumbangsih kepada terciptanya pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat di kabupaten setempat.

Perempuan memiliki kekuatan yang teguh, apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, di mana perempuan paling mengerti tentang kesulitan-kesulitan yang di alami di dalam keluarga.

Nova mencontohkan, selama pandemi COVID-19 kaum perempuan mampu berpikir dengan cepat dan bisa melakukan hal lain dalam mengatasi kebutuhan dan kesulitan yang dialami keluarga akibat pandemi COVID-19.

Terbukti, para pelaku usaha UMKM di wilayah sekitar kita didominasi oleh kaum perempuan, dalam bertahan dan menjaga kelangsungan hidup, serta peran dan kiprah kaum perempuan sebagai salah satu elemen keluarga dan bangsa.

Contoh lain, tambah Nova, keterwakilan kaum perempuan di parlemen atau lembaga negara dan bidang lainnya, sekaligus mewujudkan kesetaraan gender dalam kebhinnekaan.

“Saya mengajak kepada kaum perempuan, generasi muda kaum milenial perempuan, serta tokoh-tokoh perempuan yang berkiprah di segala bidang agar dapat di jadikan teladan dan contoh yang baik, bahwa perempuan bisa sederajat dengan laki-laki dalam kiprah dan kontribusinya terhadap masyarakat dan bangsa tanpa mengabaikan perannya di dalam keluarga," demikian Nova

Baca juga: Pulang Pisau terima penghargaan terbaik penyaluran dana desa

Baca juga: Angka pelanggar protokol kesehatan di Pulang Pisau menurun

Baca juga: KLHK ajak warga Tumbang Nusa jadikan lahan gambut sumber pendapatan


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar