Perolehan suara Sugianto-Edy menang tipis di Barito Selatan

id Kabupaten Barito Selatan,Barsel,Kalimantan Tengah,Kalteng,Pilkada Kalteng,hasil pilkada kalteng, Ketua KPU Barito Selatan,Bahruddin

Perolehan suara Sugianto-Edy menang tipis di Barito Selatan

Ketua KPU Barito Selatan, Bahruddin saat memimpin rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah yang berlangsung di kantor KPU setempat, di Buntok, Rabu (16/12). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok, KaltengĀ  (ANTARA) - Perolehan suara pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Tengah nomor urut 02 Sugianto Sabran- Edy Pratowo menang tipis dari pasangan calon nomor urut 01 Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar di Kabupaten Barito Selatan.

Hal tersebut berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, di Buntok, Rabu.

"Perolehan suara pasangan calon nomor urut 01 Ben Brahim-Ujang Iskandar meraih 29.816 suara, sedangkan pasangan nomor urut 02 H.Sugianto Sabran-H. Edy Pratowo memperoleh 30.974 suara," kata Ketua KPU Barito Selatan Bahruddin usai memimpin rapat pleno terkait hal itu.

Jumlah perolehan tersebut lanjut dia, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di enam kecamatan di daerah ini. Perolehan suara pasangan nomor urut 01, Ben Brahim-Ujang Iskandar di Kecamatan Jenamas sebanyak 1.536 suara, dan pasangan nomor urut 02, Sugianto Sabran-Edy Pratowo sebanyak 2.567 suara.

"Perolehan suara di Kecamatan Dusun Hilir, pasangan nomor urut 01 meraih 3.156 suara, dan nomor urut 02 meraih 4.309 suara," ucap Bahruddin.

Untuk di Kecamatan Karau Kuala kata dia, pasangan nomor urut 01 meraih 3.017 suara, dan nomor urut 02 memperoleh sebanyak 4.491 suara. Sedangkan perolehan suara pasangan nomor urut 01 di Kecamatan Dusun Utara sebanyak 4.615 suara dan pasangan calon nomor urut 02 meraih sebanyak 2.589 suara.

"Untuk di Kecamatan Gunung Bintang Awai, pasangan calon nomor urut 01 mendapatkan 5.106 suara, dan pasangan nomor urut 02 sebanyak 3.612 suara," jelasnya.

Sementara perolehan suara pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Tengah nomor urut 01 di Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 12.386 suara dan pasangan nomor urut 02 sebanyak 13.406 suara.

Selain itu ia juga mengatakan, untuk tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah di kabupaten Barito Selatan ini mencapai 65,24 persen.

"Memang jumlah partisipasi pemilih tersebut jauh dari target yang ditetapkan secara nasional, namun bagi kita di Barito Selatan, ini merupakan pencapaian yang luar biasa," bebernya.

Baca juga: Saksi tim Ben-Ujang tolak tandatangani berita acara rekapitulasi KPU Barsel

Karena, lanjut dia, berdasarkan catatan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah di Barito Selatan sejak dilaksanakan secara langsung, pada pilkada 2020 ini merupakan capaian partisipasi tertinggi.

"Sebagai bahan perbandingan pada pilkada gubernur dan wakil gubernur 2015 yang dilaksanakan pada Januari 2016 lalu, tingkat partisipasi pemilih di kabupaten ini hanya mencapai 58, 75 persen," terangnya.

Oleh karena itu, ia mengapresiasi terhadap capaian tersebut, karena meskipun di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19), semua bahu membahu dan seluruh masyarakat masih cukup tinggi antusiasnya berpartisipasi dalam penyelenggaraan pilkada 9 Desember 2020, sehingga tingkat partisipasi pemilih mencapai 65,24 persen.

Pantauan Antara, pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan tersebut berlangsung dengan lancar dan dijaga ketat aparat kepolisian setempat.

Baca juga: Tim Ben-Ujang laporkan dugaan pelanggaran di Barsel

Baca juga: Tingkat partisipasi pemilih di Barsel capai 64,82 persen