Begini cara Pemkab Barsel tingkatkan pariwisata

id Begini cara Pemkab Barsel tingkatkan pariwisata, barsel, Barito Selatan

Begini cara Pemkab Barsel tingkatkan pariwisata

Bupati Barito Selatan H Eddy Raya Samsuri saat diwawancarai wartawan pada kegiatan serahterima kapal susur dari pihak ketiga di Buntok, Selasa (29/12/2020). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, H Eddy Raya Samsuri mengatakan keberadaan kapal susur pada objek wisata Danau Sanggu ini dapat menjadi daya tarik pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Tentu saja ini sangat bermanfaat dan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dalam meningkatkan perekonomian daerah pada sektor pariwisata," katanya usai acara serah terima dan peresmian kapal susur itu di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Selasa.

Pemerintah daerah dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui kunjungan wisata pada objek wisata tersebut. Jika sektor pariwisata dikelola dengan baik, maka memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan daerah khususnya dalam meningkatkan PAD.

"Termasuk meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di sekitar destinasi wisata," ucap Eddy Raya Samsuri.

Oleh karena itu, Eddy Raya Samsuri berharap kepada siapapun yang datang ke Buntok supaya bisa berkunjung ke objek wisata Danau Sanggu ini.

Eddy juga mengucapkan terima kasih atas kepeduliannya melalui Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan bantuan berupa kapal susur di objek wisata Danau Sanggu ini.

Menurut dia, hal ini menunjukkan apresiasi dan komitmen Pemkab Barito Selatan bersama pihak ketiga dalam mendorong perekonomian daerah khususnya pada sektor pariwisata.

"Kami berharap kedepan, kerjasama dan silaturahmi ini terus berlanjut demi pembangunan sektor pariwisata yang lebih baik lagi di daerah ini," katanya.

Eddy Raya Samsuri juga mengucapkan terima kasih kepada DPRD Barito Selatan yang telah membantu dalam pembahasan Peraturan Daerah tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten.

"Saya berharap kita semuanya dapat bergerak bersama dalam membangun sektor pariwisata  di seluruh Barito Selatan ini dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," harap Eddy Raya Samsuri.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan  Barito Selatan, Manat Simanjuntak mengatakan kegiatan ini serah terima kapal susur yang merupakan donasi CSR dari PT Pama tahun 2020.

"Kapal susur yang dibuat dengan anggaran Rp100 juta ini sebenarnya selesai pada Mei 2020 dan kapal ini digunakan untuk membawa kafilah secara bergantian pada kegiatan MTQ tingkat provinsi dengan rute dari Danau Sanggu ke Danau Malawen," ucapnya.

Sementara itu, MTQ dibatalkan lantaran pandemi COVID-19, kapal ini tetap dirawat dan di akhir tahun ini pihaknya melaksanakan kegiatan.

"Mudah-mudahan kapal susut dengan nama Pama Raya yang merupakan gabungan dari nama yang mendonasi dan Raya dari nama tengah Bupati Barito Selatan ini bisa jaya raya selama kapal ini bisa digunakan," kata dia.

Menurut dia, kapal ini bisa digunakan masyarakat dan Manat Simanjuntak mengajak kepada seluruh masyarakat Barito Selatan maupun dari luar kabupaten ini bisa datang ke destinasi wisata kabupaten ini, karena di objek wisata ini sudah ada kapal susur yang kapasitasnya hingga 70 orang.

"Sedangkan untuk tiket masuk ke destinasi wisata ini Rp 5 ribu per orang dan bagi yang ingin naik kapal susur Rp 10 ribu per orang," jelas Manat Simanjuntak.

Baca juga: Kapal susur sungai dorong peningkatan pengunjung Danau Sanggu