Al-Rajhi kalahkan juara Dakar 13 kali di etape 7

id reli dakar 2021,yazeed al-rajhi ,arab saudi,etape 7

Al-Rajhi kalahkan juara Dakar 13 kali di etape 7

Pebalap tim Overdrive Toyota Yazeed Al Rajhi dan co-pilot Dirk Von Zitzewitz menjalani etape 7 Reli Dakar dari Ha'il ke Sakaka, Arab Saudi. (10/1/2021) (Reuters/Hamad I Mohammed)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tuan rumah Yazeed Al-Rajhi mengalahkan juara Dakar 13 kali Stephane Peterhansel untuk mengklaim kemenangan di etape 7 Reli Dakar 2021 yang menempuh rute Ha'il menuju Sakaka, Arab Saudi, pada Minggu.

Al-Rajhi mengakhiri puasa kemenangan etape sejak debut di Dakar pada 2015 di Chile di mana ia meraih kemenangan etape pertamanya.

Sang pebalap Toyota memimpin catatan waktu dengan 100km tersisa hingga menyelesaikan Special Stage sejauh 453km hari ini dalam waktu empat jam 21 menit 59 detik, sedangkan Peterhansel yang dijuluki "Mr Dakar" terpaut 48 detik sebagai runner-up di bagian pertama etape maraton tersebut.

Rekan satu tim Peterhansel, Carlos Sainz membawa kedua mobil buggy Mini ke podium setelah finis satu menit 15 detik berselang dari juara etape.


Sedangkan Nasser Al-Attiyah finis keempat, tak jauh di belakang dengan jarak dua menit 48 detik, demikian laman resmi Dakar.

Peterhansel secara konsisten naik podium untuk keenam kalinya dalam tujuh etape yang telah berjalan dan masih belum tergeser dari puncak klasemen setelah menjaga keunggulan tujuh menit 53 detik dari Al-Attiyah.

Peterhansel, 55, pertama kali mengikuti Dakar pada 1988, tahun ketika mobil Peugeot 405 milik Ari Vatanen dicuri di Bamako, dan bakal dikembalikan jika ditebus uang 25 juta francs.

Mobil itu akhirnya ditemukan di, namun terlambat karena Vatanen melewatkan start dan gugur di lomba.

Baca juga: Legenda Reli Dakar meninggal dunia

Sejak itu, Peterhansel rutin turun di ajang reli tahunan itu dan 13 gelarnya ia raih dari kategori sepeda motor dan mobil, yang membuatnya dijuluki "Monsieur Dakar".

Sainz bertahan di peringkat tiga klasemen dan harus memangkas defisit 41 menit jika ingin menjaga asa mempertahankan gelarnya.

Sementara itu juara dunia WRC sembilan kali Sebastian Loeb dan co-pilot Daniel Elena kembali takluk di gurun Arab Saudi setelah mobil BRXnya mengalami kerusakan sekitar 30km jelang finis.

Di kategori sepeda motor, juara bertahan Ricky Brabec dari tim Honda meraih kemenangan etape pertamanya tahun ini di saat rekan satu timnya Jose Ignacio Cornejo Florimo menjadi pemuncak klasemen, menggeser Toby Price dari tim KTM ke peringkat dua dengan margin satu detik saja, setelah finis runner-up hari ini dengan selisih dua menit tujuh detik.


Skyler Howes finis ketiga dengan jarak dua menit 19 detik, dan debutan Daniel Sanders membawa tiga KTM ke peringkat lima besar di saat ketiganya berjarak kurang dari satu menit.

Rekan satu tim Price, Sam Sunderland finis keempat hari itu untuk menjaga jaraknya menjadi dua menit 11 detik di peringkat tiga klasemen.

Xavier De Soultrait dari tim Husqvarna finis keenam dan mempertahankan jaraknya di peringkat empat di saat empat pebalap teratas klasemen dipisahkan jarak sekitar dua menit 30 detik saja.

Ross Branch mengalami kecelakaan dengan motor Yamahanya di awal etape namun beruntung sang pebalap Botswana terhindar dari cedera.

Etape 8 menjadi bagian kedua etape maraton menempuh rute 709km dari Sakaka ke Neom dengan Special Stage sepanjang 375km.