Polda Kalteng gelar apel kesiapsiagaan menghadapi potensi banjir

id Polda kalteng, siap siaga banjir kalteng, kalimantan tengah, potensi banjir, ancaman bencana, kepolisian

Polda Kalteng gelar apel kesiapsiagaan menghadapi potensi banjir

Personel Dit Samapta Polda Kalimantan Tengah menggelar apel kesiapsiagaan guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir, Jumat, (15/1/2021). (ANTARA/Ho-Humas Polda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Puluhan personel Direktorat Samapta Polda Kalimantan Tengah melaksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi ancaman atau potensi bencana seperti banjir.

Direktur Samapta Polda Kalteng, Kombes Pol Susilo Wardono pada apel kesiapsiagaan di Palangka Raya, Jumat, mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk pengecekan kesiapan alat dan pasukan untuk menghadapi potensi banjir di 2021.

"Apel ini selain dihadiri personel Dit Samapta Polda Kalteng, juga personel Brimob, Polairud dan Biddokkes Polda Kalteng," jelasnya.

Apel gelar personel ini juga langsung dipimpin Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo beserta pejabat utama polda setempat.

"Personel Dit Samapta menghadirkan empat unit mobil, 10 kendaraan bermotor (ranmor) KLX, satu perahu dayung dan peralatan SAR," ucap Susilo Wardono.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menegaskan, saat ini kabupaten/kota yang berada di Kalteng belum ada daerahnya terendam banjir.

Namun sejumlah sarana prasarana serta jumlah personel Dit Samapta Polda Kalteng selalu siap siaga, apabila terjadi banjir yang melanda permukiman.

"Pada intinya kami siap menghadapi bencana banjir yang melanda masyarakat, baik dari sarana prasarana dan jumlah personel yang dipersiapkan," ungkapnya.

Guna memastikan personelnya sehat dan terhindar dari COVID-19, seluruh personel Dit Samapta yang ikut apel kesiapsiagaan juga dilaksanakan swab antigen dari personel Biddokkes, untuk memastikan mereka benar-benar sehat.

"Dari swab antigen yang dilakukan secara dadakan, semua personel Dit Samapta sehat dan bebas dari virus Corona yang saat ini melanda daerah kita," tandasnya.