Wagub Kalteng Tinjau Pelabuhan Teluk Segintung

id Wakil Gubernur Kalimantan Tengah ,Kalimantan Tengah,Habib Ismail Bin Yahya ,Pelabuhan Teluk Segintung,Bupati Seruyan,Yulhaidir,Kabupaten Seruyan

Wagub Kalteng Tinjau Pelabuhan Teluk Segintung

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail (kanan) saat meninjau pelabuhan Teluk Segintung bersama Bupati Seruyan Yulhaidir (kedua kanan) di Kuala Pembuang, Rabu (27/1/2021). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya didampingi Bupati Seruyan Yulhaidir serta sejumlah pejabat, meninjau kondisi dan kesiapan Pelabuhan Teluk Segintung di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Rabu.

"Peninjauan ini karena pelabuhan Segintung masuk rencana strategis provinsi dan sedang mempersiapkan pengoperasian," kata Habib Ismail disela-sela kunjungan

Menurut dia, pelabuhan ini sangat strategis karena lokasinya terhubung langsung ke laut, sehingga secepatnya bisa fungsional. Dan, informasinya, dalam waktu dekat PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan menyandarkan kapal yang bertujuan untuk percobaan sekaligus melihat dampaknya bagi peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

"Pelabuhan ini sangat strategis, karena jarak Kuala Pembuang ke Semarang ini sangat dekat lebih dekat daripada pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kalteng. Mudah-mudahan ini bisa menjadi tujuan  penumpang  yang ingin mudik," ucapnya.

Wagub Kalteng itu mengaku telah berbicara dengan Bupati Seruyah Yulhaidir untuk menanyakan kesiapan pelabuhan tersebut, ternyata sudah siap dalam segala hal, sehingga ini perlu dimaksimalkan agar bisa mendongkrak perekonomian daerah.

"Untuk kesiapannya dapat dipastikan sudah siap namun memang ada beberapa yang kurang tapi hal tersebut akan dibenahi secara berskala atau bertahap," katanya.

Baca juga: Dislutkan kirim produk perikanan Kalteng bantu penuhi kebutuhan masyarakat Kalsel

Dirinya pun memuji terkait wacana Pemkab Seruyan pengoperasionalan pelabuhan Teluk Segintung selain untuk penumpang juga Crude Palm Oil atau CPO, sehingga dengan sendirinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian.

"Wacana bagus sekali untuk menunjang fungsi pelabuhan tersebut, sekali lagi kita pihak provinsi sangat mendukung Pemkab Seruyan untuk meningkatkan infrastruktur  di pelabuhan," tandas Habib Ismail.

Sementara itu, Bupati Seruyan Yulhaidir mengatakan yang sangat diperlukan untuk menunjang pelabuhan itu  adalah akses jalan penghubung kecamatan menuju pelabuhan teluk Segintung.

"Makanya kita minta dukungan dari provinsi agar jalan dari Kuala Pembuang menuju Bangkal dan Kuala Pembuang sampai Segintung bisa di kasih aspal otomatis langsung dengan sendirinya bongkar muat barang dan jasa berjalan dengan maksimal," singkat Yulhaidir.

Baca juga: Pemprov Kalteng bahas PSN kereta api bersama pemerintah pusat

Baca juga: Masyarakat Kalteng diajak dukung pembukaan akses baru Pulpis-Gumas

Baca juga: Sebagian kawasan food estate Pulpis-Kapuas belum bisa ditanami

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar