Kobar siapkan 7.000 ekor sapi bantu Kalteng penuhi permintaan pusat

id Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah,Kabupaten Kotawaringin Barat,Bupati Kotawaringin Barat,Bupati Kobar,Kobar siapkan 7.000 eko

Kobar siapkan 7.000 ekor sapi bantu Kalteng penuhi permintaan pusat

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah, SH, MH, (kiri) menyambut kedatangan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Senin (22/2/2021). ANTARA/Rahmad Minarto

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, sedang mempersiapkan 7.000 ekor sapi untuk membantu pemerintah provinsi setempat dalam memenuhi permintaan 10 ribu ekor sapi dari pemerintah pusat.

Penyediaan sapi itu sebagai upaya menindaklanjuti apa yang disampaikan Menteri Pertanian terkait akan dibuatnya nota kesepahaman dengan pemprov dalam penyediaan sapi, kata Bupati Kobar Nurhidayah di Pangkalan Bun, Senin.

"Nota kesepahaman itu juga tentunya bisa memicu semangat para peternak kita, yang sebelumnya mereka sudah semangat, namun pasar tidak tersedia," tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Kobar pada pekan lalu mendamping Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengunjungi peternakan sapi milik Sukamara Ranch di Desa Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara.

Nurhidayah pun menilai adanya permintaan 10 ribu ekor sapi dari pemerintah pusat kepada Pemprov Kalteng merupakan bentuk upaya pemerintah dalam mengembangkan bidang peternakan di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

Dia mengatakan hal itu seperti gayung bersambut. Di mana kebijakan pemerintah pusat, Pak Presiden berkomitmen untuk memberdayakan peternak lokal atau dalam negeri untuk memenuhi stok daging.

"Dengan sejumlah negara sudah menutur kran impor sapi ke Indonesia maka pemerintah mengambil langkah-langkah dan Kobar menjadi salah satu daerah yang terdata," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kobar diminta telaah kemungkinan penggunaan GeNose deteksi COVID-19

Bupati Kobar itu mengatakan, selain ikut serta menyediakan 7.000 ribu ekor sapi untuk mencukupi permintaan pemerintah pusat, Kabupaten Kobar juga akan memenuhi kebutuhan sapi dari kabupaten lain di Kalteng.

Mengenai dari mana ribuan sapi tersebut didapat, menurut Bupati, akan diambil dari para peternak baik skala besar maupun kecil.

"Untuk di Kabupaten Kobar, ternak sapi tersebut berasal dari peternakan skala besar seperti Sulung Ranch, Rahmat Agro (Astra), BCM Farm, kemudian dari masyarakat peternak sapi swadaya yang selama ini kita bina," tuturnya.

Mengenai proses pengiriman sapi ke pemerintah pusat, nanti akan dikoordinasikan dengan Pemprov Kalteng. Mengingat Kobar dalam hal ini hanya sebagai penyedia.

Baca juga: Disdukcapil Kobar beri pelayanan adminduk di kawasan pesisir

Baca juga: Pasar Bahari Kumai diharapkan mampu mendukung perekonomian masyarakat