DPRD Kotim dorong peningkatan infrastruktur pertanian

id DPRD Kotim dorong peningkatan infrastruktur pertanian, DPRD Kotim, Kalteng, Kotim, Kotawaringin Timur, Sampit, Darmawati

DPRD Kotim dorong peningkatan infrastruktur pertanian

Ketua Komisi II, Darmawati dan Wakil Ketua DPRD, Rudianur (berdiri tengah) bersama anggota dewan lainnya saat reses di Desa Hanaut Kecamatan Pulau Hanaut, Kamis (4/3/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Darmawati mendorong pemerintah kabupaten meningkatkan infrastruktur pertanian karena sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani.

"Infrastruktur pertanian sangat dibutuhkan masyarakat. Saat ini petani kita sangat bersemangat meningkatkan usaha pertanian, tapi masih mengalami berbagai kendala dan keterbatasan. Ini harus menjadi perhatian serius," kata Darmawati di Sampit, Kamis.

Saat ini anggota DPRD melaksanakan reses ke daerah pemilihan masing-masing. Darmawati bersama anggota dewan lainnya melaksanakan reses ke daerah pemilihan mereka di kawasan selatan yang meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut.

Dua kecamatan yaitu Teluk Sampit dan Pulau Hanaut menjadi andalan sebagai lumbung beras daerah ini. Petani sangat bersemangat meningkatkan produksi pertanian namun perlu dukungan peningkatan infrastruktur dan peralatan.

Saat berkunjung ke sejumlah lokasi pertanian, petani sangat berharap bantuan peningkatan jalan pertanian dan peralatan teknologi pertanian. Komisi II mendorong aspirasi petani ini menjadi program prioritas yang harus diwujudkan pemerintah daerah.

Sektor pertanian bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah. Sektor ini juga menjadi penopang ekonomi dan ketahanan pangan, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi.

Baca juga: Perintahkan razia minuman keras ilegal, ini alasan Bupati Kotim

Bagi masyarakat di kawasan pesisir, sektor pertanian menjadi pilihan yang dianggap menjanjikan, selain menggeluti profesi sebagai nelayan. Sektor pertanian diharapkan mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat meski wilayah mereka jauh dari pusat kota.

Darmawati berharap Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati memprioritaskan peningkatan infrastruktur pertanian. Apalagi, sektor ini menjadi salah satu prioritas yang disampaikan dalam visi dan misi pasangan kepala daerah yang baru dilantik Jumat (26/2) lalu tersebut.

Politisi Partai Golkar ini yakin sektor pertanian bisa diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain terhadap petani, sektor ini juga membawa dampak positif terhadap aktivitas ikutannya seperti usaha angkutan, perdagangan dan lainnya.

"Pertanian ini bersentuhan langsung dengan masyarakat dan potensinya masih sangat besar karena kebutuhan pangan akan semakin meningkat. Untuk itu kami mendorong agar peningkatan infrastruktur pertanian ini menjadi prioritas," demikian Darmawati.

Baca juga: Ketua DPRD Kotim paparkan isu penting aspirasi masyarakat