Ketua Kwarda Pramuka Kalteng sebut pentingnya peran majelis pembimbing

id Kwarda kalteng, yulistra ivo sugianto sabran, gerakan pramuka, mabicab katingan, majelis pembimbing, kalteng, kalimantan tengah

Ketua Kwarda Pramuka Kalteng sebut pentingnya peran majelis pembimbing

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran saat pelantikan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Katingan masa bakti 2020-2025, di Palangka Raya, Rabu (17/3/2021). (ANTARA/HO-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengatakan, majelis pembimbing miliki peran penting dalam memajukan Pramuka.

"Majelis pembimbing memiliki tugas memberi arahan, bimbingan serta bantuan," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Hal itu ia sampaikan melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Katingan masa bakti 2020-2025.

Berdasarkan ketentuan dalam UU  Nomor 12  Tahun 2010 dan AD ART Gerakan Pramuka, maka dalam struktur organisasi diperlukan majelis pembimbing cabang.

Adapun Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Katingan yang dilantik adalah Sakariyas yang juga merupakan Bupati Katingan.

Ivo pun menegaskan, kemajuan kwartir cabang salah satunya sangat bergantung pada dukungan majelis pembimbing.

Untuk itu diharapkan dukungan mabicab kedepannya bisa terus ditingkatkan dan lebih signifikan, utamanya melalui sinergi bersama kwarcab.

Dalam hal ini, kwartir cabang juga diminta proaktif berkoordinasi, meminta arahan, bimbingan maupun dukungan dari mabicab.

"Jika memiliki sinergi yang baik, tentu kinerja dan prestasi jajaran Gerakan Pramuka khususnya di wilayah Katingan akan meningkat," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, majelis pembimbing juga diperlukan dalam menghadapi tantangan dalam memajukan Gerakan Pramuka yang semakin berat akibat perubahan situasi, maupun perubahan kebutuhan kaum muda serta peserta didik.

Beberapa waktu lalu kwartir nasional dalam rapat kerja 2021 mencanangkan tema "Jajaran Gerakan Pramuka Berbakti Tiada Henti".

Tema ini diharapkan dapat mendukung penyiapan putra-putri Indonesia secara akhlak, semangat kebangsaan, maupun keterampilan hidup untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa serta kompetisi global.

"Untuk itu pembinaan generasi milenial juga menjadi tugas dari jajaran Gerakan Pramuka," ungkapnya.

Dijelaskannya mengingat kondisi di tengah pandemi COVID-19 dan mulai akrabnya dengan adaptasi kebiasaan baru memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, maka tanpa mengurangi rasa hormat format pelantikan dilaksanakan virtual serta menaati protokol kesehatan.