Ketua DPRD Seruyan minta dermaga setiap desa diperhatikan

id Ketua DPRD Seruyan minta dermagasetiap desa diperhatikan, Kalteng, Seruyan, Zuli Eko, Kuala Pembuang

Ketua DPRD Seruyan minta dermaga setiap desa diperhatikan

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo saat berada di Dermaga Desa Jahitan, (31/1/2020) lalu. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo meminta kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat melalui instansi terkait agar terus memperhatikan kondisi dermaga sungai yang ada di desa-desa di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Seruyan.

“Dermaga ini harus benar-benar diperhatikan oleh Pemkab Seruyan karena dengan adanya fasilitas yang memadai maka transportasi air akan lancar dan bisa dinikmati masyarakat,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut Eko, berdasarkan hasil pantauan di lapangan pihaknya, masih mendapati dan ada beberapa dermaga sungai di desa-desa yang kondisinya memprihatinkan sehingga perlu segera diperbaiki.

Perbaikan ini sangat penting untuk dilakukan mengingat dermaga sungai biasanya dipergunakan oleh masyarakat setempat untuk berlabuh dengan alat transportasi air seperti perahu masyarakat, kapal penumpang dan lain sebagainya.

“Karena seperti yang kita ketahui, transportasi sungai sendiri masih menjadi salah satu andalan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sekitar DAS Seruyan, apalagi desa yang mungkin sulit dijangkau melalui jalur darat. Jadi untuk menghemat biaya dan waktu mereka menggunakan angkutan sungai seperti perahu, perahu penumpang dan lain-lain,” ungkapnya.

Melihat hal tersebut, keberadaan sebuah dermaga untuk mendukung aktivitas masyarakat melalui jalur sungai sangat penting. Dermaga dibutuhkan untuk tempat qbongkar muat hasil tangkapan nelayan, persinggahan dan lain sebagainya.

“Karena sebagian besar masyarakat kita juga banyak yang tinggal di pinggiran pinggiran sungai, sehingga keberadaan sebuah dermaga menjadi hal yang sangat penting,”, jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, selain untuk memudahkan aktivitas masyarakat kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini, dermaga ini juga untuk menjaga keselamatan masyarakat setempat maupun penumpang.

“Kalau kondisi dermaganya rusak ataupun tidak layak tentu ini sangat berisiko untuk keselamatan masyarakat yang menggunakan fasilitas tersebut, maka dari itu perbaikan itu memang perlu diperhatikan,” demikian Eko. 

Baca juga: Legislator Seruyan berharap pungutan penerimaan daerah dimaksimalkan