PWI Murung Raya berkomitmen bantu pemkab jaga iklim investasi

id PWI Murung Raya berkomitmen bantu pemkab jaga iklim investasi daerah, murung raya, mura, kalteng

PWI Murung Raya berkomitmen bantu pemkab jaga iklim investasi

Pengurus PWI Murung Raya saat berkunjung ke salah satu perusahaan di Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya, Sabtu (27/3/2021). ANTARA/Supriadi

Kita juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat luas bahwa keberadaan para investor sedikit banyak berperan dalam peningkatan sektor ekonomi maupun sosial. Hal tersebut sesuai dengan fungsi media sebagai corong penyampaian informasi ke masyarakat
Puruk Cahu (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah berkomitmen membantu pemerintah kabupaten setempat dalam menjaga iklim investasi di daerah itu.

Ketua PWI Murung Raya, Reno mengatakan iklim investasi di daerah ini perlu dijaga, sebab dengan adanya investasi akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Karena keberadaan para investor di daerah merupakan magnet dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang bermukim di sekitar perusahaan," katanya saat bersilaturahmi dengan salah satu perusahaan yang berada di Kecamatan Laung Tuhup, Sabtu.

Dikatakannya, tidak bisa dipungkiri, keberadaan perusahaan menjadi salah satu penopang perekonomian bagi masyarakat sekitar, baik itu dalam penyerapan tenaga kerja maupun dalam program tanggung jawab sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" (CSR).

Dalam menjaga iklim investasi agar tetap selalu stabil, kata Reno, PWI yang di dalamnya bernaung para wartawan dari media akan turut mengawal kegiatan investasi, supaya manfaatnya bisa dirasakan masyarakat maupun pembangunan daerah.

"Kita juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat luas bahwa keberadaan para investor sedikit banyak berperan dalam peningkatan sektor ekonomi maupun sosial. Hal tersebut sesuai dengan fungsi media sebagai corong penyampaian informasi ke masyarakat luas," tambah Reno.

Sementara itu Muhammad Asep Zaelani selaku manager CSR pada salah satu perusahaan tambang batu bara yang dikunjungi PWI Murung Raya, berharap agar kedepannya pemerintah daerah bisa menjadi koordinator dalam penerapan program CSR bagi perusahaan-perusahaan.

"Hal itu agar dalam penyaluran bantuannya tidak terkesan mubazir," ucapnya.

Ia mencontohkan di Kecamatan Laung Tuhup ada desa yang menjadi desa binaan lebih dari satu perusahaan. Bila tidak dikoordinir, maka besar kemungkinan program CSR akan dijalankan tidak tepat sasaran.

Selain itu, ia mengakui keberadaan perusahaan bagi masyarakat sekitar menjadi magnet tersendiri, terutama bagi para pencari kerja dan hadirnya perusahaan juga untuk penopang perekonomian masyarakat.

Untuk itu Asep Zaelani berharap melalui media-media yang bernaung di PWI Murung Raya ini bisa memberitakan hal-hal positif dalam rangka menjaga iklim investasi di daerah.

Baca juga: Kejari selidiki dugaan korupsi di Bawaslu Murung Raya