Polsek Telawang diresmikan perkuat kinerja Polres Kotim

id Polsek Telawang diresmikan perkuat kinerja Polres Kotim, Kalteng, Kotim, Polres Kotim, Polsek Telawang, Sampit, Kotawaringin Timur, Abdoel Harris Jaki

Polsek Telawang diresmikan perkuat kinerja Polres Kotim

Kapolres AKBP Abdoel Harris Jakin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah saat peresmian peningkatan status Polsubsektor Sebabi menjadi Polsek Telawang, Senin (29/3/2021). ANTARA/HO-Polres Kotim

Sampit (ANTARA) - Jumlah Kepolisian Sektor atau Polsek di lingkup Polres Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, kini bertambah dengan ditingkatkannya Polsubsektor Sebabi menjadi Polsek Telawang untuk mengoptimalkan kinerja Polri, khususnya di Kecamatan Telawang.

"Kami melalui Polsek Telawang ini berharap dapat memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman secara lebih baik, efektif serta lebih efisien. Secara bertahap akan dipenuhi kebutuhan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan," kata Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jakin saat peresmian Polsek Telawang, Senin.

Polsek Telawang berlokasi di Sebabi Kecamatan Telawang. Kecamatan Telawang dulunya merupakan bagian dari Kecamatan Kota Besi sehingga wilayah hukumnya juga di lingkup Polsek Kota Besi.

Setelah pemekaran wilayah dan Telawang berdiri menjadi kecamatan sendiri, didirikan Polsubsektor Sebabi di Kecamatan Telawang yang wilayah hukumnya masih menginduk pada Polsek Kota Besi.

Kini Polsek Telawang berdiri sendiri dengan status Polsek Prarural Tipe D. Polsek Telawang saat ini masih dipimpin Ipda Dadang Kohinoor yang sebelumnya memimpin Polsubsektor Sebabi.

Jakin menjelaskan, peningkatan Polsubsektor Sebabi ditingkatkan menjadi Polsek Telawang memang sudah mendesak. Dasar pemikiran utama adalah bagaimana Polri dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Selama ini masyarakat Kecamatan Telawang yang hendak mendapatkan pelayanan seperti membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian maupun pengaduan sengketa maupun pidana, harus ke Polsek Kota Besi dengan menempuh jarak puluhan kilometer. Rentang kendalinya cukup jauh. 

Oleh karena itu Polres Kotawaringin Timur berupaya meningkatkan Polsubsektor Sebabi menjadi Polsek Telawang. Pihaknya bersyukur karena Kapolri menyetujui usulan yang disampaikan secara berjenjang melalui Kapolda Kalimantan sehingga pembentukan Polsek Telawang bisa terwujud.

Jakin berterima kasih kepada pemerintah kabupaten dan DPRD Kotawaringin Timur serta, Camat Kota Besi, Camat Telawang, tokoh masyarakat dan lainnya yang turut memperjuangkan berdirinya Polsek Telawang ini.

Baca juga: Berharap tidak ada pemadaman listrik di Kotim selama Ramadhan

Dia mengharapkan dukungan masyarakat karena mungkin dalam beberapa waktu ini Polsek Telawang masih mengalami keterbatasan sumber daya manusia, anggaran dan sarana prasarana. Secara bertahap pihaknya akan berjuang untuk memenuhi semaksimal mungkin kebutuhan tersebut.

"Polsek baru biasanya masih banyak kekurangan. Jangan sungkan, tolong sampaikan masukan dan koreksi. Saya tidak marah, malah saya senang karena itu demi perbaikan," ujar Jakin.

Sementara itu, hadir dalam peresmian itu Wakil Bupati Irawati dan dua anggota DPRD Kotawaringin Timur yaitu Parimus dan Rimbun. Mereka mengaku sangat senang Polsek Telawang akhirnya bisa berdiri.

Menurut Irawati, peran sentral Polsek sangat penting karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu perubahan tipe ini tentu sudah dipertimbangkan sesuai kebutuhan.

Karakteristik wilayah, masyarakat dan potensi kerawanan di Kecamatan Telawang juga menjadi pertimbangan penting. Kehadiran Polsek Telawang sangat dibutuhkan sehingga kecil apapun kejadian di kecamatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga tersebut dapat diketahui dan diantisipasi secara cepat.

"Mudah-mudahan ini membawa manfaat besar bagi masyarakat dalam menjaga, melindungi dan mengayomi masyarakat, khususnya di Kecamatan Telawang," demikian Irawati.

Baca juga: Ujian sekolah di Kotim tetap terapkan protokol kesehatan