Clubhouse luncurkan fitur pembayaran untuk kreator

id Clubhouse,pembayaran untuk kreator,Clubhouse luncurkan fitur pembayaran untuk kreator,Aplikasi audio sosial Clubhouse

Clubhouse luncurkan fitur pembayaran untuk kreator

Ilustrasi aplikasi Clubhouse di App Store (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Aplikasi audio sosial Clubhouse memungkinkan semua pengguna untuk membayar kreator, mulai Senin. Ini adalah alat monetisasi pertama yang terpasang langsung ke dalam aplikasi.

Clubhouse mengatakan hal itu tidak akan memotong pembayaran, artinya konten kreator mendapatkan keseluruhan dari apa yang dikirim seseorang kepada mereka.

Namun, tidak semua orang dapat menerima pembayaran. Fitur ini akan diluncurkan secara bergelombang, dimulai dengan kelompok uji kecil, kata Clubhouse dilansir The Verge, Selasa.

Untuk membayar kreator Clubhouse yang dapat menerima pembayaran, ketuk profil mereka, lalu ketuk tombol "kirim uang", lalu pilih berapa banyak yang ingin dikirim.

Baca juga: Twitter hadirkan fitur mirip Clubhouse di Android

Pengguna juga harus membayar "biaya pemrosesan kartu kecil" yang dibayarkan ke Stripe, yang merupakan mitra pemrosesan pembayaran Clubhouse.

Saat pertama kali mencoba membayar seseorang, Clubhouse akan meminta pengguna untuk menambahkan kartu kredit atau debit.

Berita tentang pembayaran langsung datang beberapa minggu setelah Clubhouse mengumumkan program akselerator pembuat konten pertamanya, Clubhouse Creator First, yang akan melibatkan 20 calon pembawa acara dan konten kreator untuk membantu mereka membangun pemirsa dan memonetisasi acara mereka.

Akselerator dan pembayaran langsung yang baru dapat memberi konten kreator lebih banyak insentif untuk tetap di Clubhouse daripada beralih ke salah satu dari banyak platform media sosial lain yang telah menyalin format audio sosial Clubhouse.

Saat ini, Clubhouse hanya tersedia di iOS sebagai aplikasi khusus undangan, meskipun versi Android sedang dalam pengerjaan.

Baca juga: Twitter luncurkan Spaces aplikasi rival Clubhouse untuk pengguna Android

Baca juga: Clubhouse janjikan perbaikan setelah informasi pengguna bocor ke pihak ketiga

Baca juga: Clubhouse wajib segera daftar ke Kominfo