Bupati Seruyan minta penyuluh pertanian lebih aktif dampingi petani

id Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir,Seruyan,Kabupaten Seruyan,Kalteng,PPL,penyuluh pertanian,pertanian

Bupati Seruyan minta penyuluh pertanian lebih aktif dampingi petani

Petani saat melakukan aktivitas pertanian dilahannya, di Kuala Pembuang, (5/4/2021).ANTARA/Radianor

KUALA PEMBUANG, Seruyan (ANTARA) - Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir mengingatkan sekaligus meminta kepada Penyuluh Pertanian Lapangan, agar para petani di wilayah setempat terus mendapatkan bimbingan dan dapat meningkatkan hasil panen.

"Saya minta kepada penyuluh pertanian agar terus aktif mendampingi para kelompok tani (Poktan) di Kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini supaya mereka dapat meningkatkan produksi hasil panennya," kaT Yulhaidir di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurutnya, untuk mewujudkan swasembada pangan, tentu harus melakukan upaya-upaya maksimal, salah satunya, agar petugas PPL, dapat aktif dan serius untuk memberikan pendampingan kepada para petani. Sebab, dengan memberikan pendampingan, bila para petani memiliki kesulitan atau kendala dalam pengembangkan lahan pertaniannya.

"Untuk itu, petugas penyuluh pertanian harus siap memberikan solusi di lapangan," kata Yulhaidir.

Menurut Bupati Seruyan itu, peran penyuluh pertanian lapangan sangat strategis dalam kemajuan dunia pertanian di Seruyan, karena mereka menjadi nahkoda untuk para petani jika mengalami kesulitan dalam bertani.

"Jika ingin meningkatkan produksi padi, maka perlu adanya kerja sama antara semua pihak. Selain petani, petugas penyuluh pertanian lapangan juga harus bisa saling bahu membahu, dengan begitu tujuan bisa tercapai semuanya,” harapnya.



Orang nomor satu di Seruyan itu menambahkan bahwa lebih bagus lagi apabila para penyuluh pertanian ini bisa jeli melihat permasalahan ataupun kesulitan yang dialami petani sebelum mereka yang menyampaikan dan menginformasikan.

Dia mengatakan apabila PPL di Seruyan lebih aktif dan jeli melihat segala permasalahan atau kendala yang dialami para petani, maka hal tersebut bisa dengan cepat untuk diatasi, jadi kalau kita sudah mengetahui persoalannya jangan lagi menunggu laporan dari petani.

"Artinya kita yang menyampaikan terhadap petani dan memberikan solusi-solusinya, dengan begitu saya yakin Sumber Daya Manusia (SDM) kita dibidang pertanian akan terus meningkat,” demikian Yulhaidir.

Baca juga: Bapemperda Seruyan pastikan raperda CSR untuk sejahterakan masyarakat

Baca juga: Bupati Seruyan ingatkan Kades dalam bekerja harus taat aturan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar