Japnas diharapkan bantu wujudkan paradigma ekonomi berbasis produksi di Kalteng

id Japnas kalteng, jaringan pengusaha nasional, henny fauziyah salman, pengusaha, perekonomian daerah, pandemi covid 19, kalteng, kalimantan tengah

Japnas diharapkan bantu wujudkan paradigma ekonomi berbasis produksi di Kalteng

Ketua Umum PW Japnas Kalteng Henny Fauziyah Salman (kanan) saat dilantik, Palangka Raya, Kamis, (8/4/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berharap keberadaan Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) yang merupakan organisasi baru di wilayah setempat, membawa angin segar di tengah pandemi COVID-19.

"Kami harapkan Japnas Kalteng mendukung perubahan paradigma ekonomi bangsa berbasis konsumsi menjadi berbasis produksi," kata Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy, mewakili Gubernur Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Hal itu ia sampaikan saat pelantikan Pengurus Wilayah Jaringan Pengusaha Nasional Kalteng. Pihaknya meyakini, berbekal semangat, kerja keras dan kerja cerdas, serta didukung kemampuan dan pengalaman, Japnas mampu bekerja sama meningkatkan daya saing, hingga memacu produksi dalam negeri.

Meski saat ini pandemi masih melanda, semua pihak harus tetap optimistis, khususnya pengusaha harus lebih kreatif, senantiasa berinovasi, menyesuaikan diri dan meningkatkan produktivitas.

"Namun yang harus disadari, produktivitas tidak ada dengan sendirinya. Produktivitas harus dipikirkan, diupayakan dan dilaksanakan oleh semua pihak," tegasnya.

Ia mengungkapkan, sejalan dengan ragam upaya pemprov selama ini, dalam rangka pengembangan dan penguatan ekonomi daerah, maka sangat diperlukan berbagai parameter penting, diantaranya kualitas produk atas barang dan jasa.

Kemudian kualitas sumber daya manusia yang memiliki kompetensi unggul dan profesional, kualitas manajemen yang menerapkan standarisasi sistem, serta nilai-nilai modern yang mengedepankan efisiensi, efektifitas dan transparansi.

"Termasuk pengawasan mobilitas uang, barang dan orang, agar bebas dari hambatan (non traffic) dan tanpa batasan (borderless)," jelasnya.

Sementara itu Ketua Umum PW Japnas Kalteng Henny Fauziyah Salman mengatakan, sebagai wirausaha harus tetap optimistis sekalipun di masa pandemi, agar perekonomian bisa terus meningkat.

"Kami sebagai pelaku usaha melalui Japnas, ingin berperan aktif mendorong kolaborasi positif, memperkuat sinergi dan membangun optimisme," tegasnya di sela kegiatan.

Kedepan Japnas Kalteng ingin menginisiasi, mengajak para rekan, organisasi dan lainnya, menggelar forum atau dialog guna melihat ragam permasalahan yang ada serta kemudian bersama-sama mencari solusinya.