DPRD Seruyan apresiasi penerapan protokol kesehatan saat pilkades serentak

id DPRD Seruyan apresiasi penerapan prokes saat pilkades serentak, Kalteng, Seruyan, DPRD Seruyan, Zuli eko Prasetyo

DPRD Seruyan apresiasi penerapan protokol kesehatan saat pilkades serentak

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo menyampaikan apresiasi kepada pemerinrah kabupaten setempat atas penerapan protokol kesehatan saat Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak pada 16 Maret 2021.

"Saya sangat mengapresiasi Pemkab Seruyan karena telah menjalankan prokes dengan dengan baik saat melaksanakan pilkades. Hal tersebut terbukti sampai tidak ada penambahan yang signifikan dan kalaupun ada penambahan hanya satu atau tiga saja, artinya tidak menimbulkan klaster baru,” kata Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut dia, pelaksanaan pilkades serentak di 23 desa yang tersebar di sebagian besar kecamatan di Seruyan, kecuali Seruyan Hilir Timur dan Batu Ampar yang tidak mengikuti.

Pelaksanaan pilkades tentu menimbulkan kerumunan, karena banyak masyarakat yang antusias datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih pemimpin mereka di desa. Potensi terjadinya penularan COVID-19 tentu ada akibat kerumunan.

Baca juga: Dapil II Seruyan memerlukan bantuan bidang perikanan berkelanjutan

Namun Eko mengapresiasi karena hal itu dapat diatasi oleh penyelenggara dengan memaksimalkan upaya pencegahan seperti menyediakan tempat mencuci tangan, sarung tangan untuk masyarakat, alat pelindung diri bagi petugas TPS dan juga selalu mengimbau masyarakat yang datang di TPS agar tetap menjaga jarak.

“Pastinya, orang yang datang ke TPS itu banyak bahkan ini juga memiliki risiko yang cukup tinggi  adanya klaster baru COVID-19, namun hal tersebut tidak terjadi. Ini tidak terlepas peran dari Pemkab Seruyan dan semua pihak karena upaya pencegahan sangat aktif diterapkan di lapangan seperti menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, hal ini juga tidak terlepas dari peran aktif dari masyarakat Kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini. Masyarakat telah mematuhi apa yang telah dianjurkan oleh Pemkab Seruyan, sehingga pelaksanaan ini bisa berjalan lancar.

“Peran masyarakat di sini juga sangat penting, karena walaupun pemerintah bekerja dengan maksimal tanpa adanya dukungan dari masyarakat hal tersebut akan sia-sia. Kemudian saya harap juga pilkades yang tahapannya tinggal penetapan kepala desa itu bisa berjalan dengan lancar agar dapat mengisi kekosongan di pemerintah desa,” demikian Eko.

Baca juga: Legislator harapkan tidak ada pemadaman listrik di Seruyan selama Ramadhan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar