Ratusan kendaraan putar balik selama penyekatan di perbatasan Kalteng

id Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Tengah,Polda Kalimantan Tengah ,Kalimantan Tengah,Kombes Pol Rifki ,Polda Kalteng,Kalteng,penyekatan perbatasan

Ratusan kendaraan putar balik selama penyekatan di perbatasan Kalteng

Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Rifki. ANTARA/Ho-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Rifki mengakui, telah ratusan kendaraan roda dua dan empat yang hendak melintas di pos penyekatan di setiap perbatasan provinsi ini, disuruh putar balik oleh petugas.

Sejak diberlakukannya larangan mudik pada 6 Mei 2021 hingga saat ini tercatat ada 367 kendaraan roda dua dan empat yang disuruh putar balik, kata Rifki saat dihubungi ANTARA di Palangka Raya, Senin.

"Anggota yang berjaga-jaga di pos penyekatan perbatasan provinsi Kalteng benar-benar berlaku. Petugas sama sekali tidak memperkenankan orang dari provinsi lain masuk ke Kalteng," beber dia.

Sampai saat ini, juga perwira Polri berpangkat melati tiga tersebut, tidak ada mendapatkan laporan dari anggotanya bahwa ada warga yang hendak mudik menerobos pos penyekatan yang sengaja di bangun di perbatasan.

Tidak hanya itu, agar menekan angka penyebaran wabah COVID-19 masuk ke provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu, sejumlah ruas jalan alternatif atau sering disebut jalan tikus juga dijaga ketat oleh anggota polsek, koramil dan kecamatan yang ada kabupaten yang memiliki perbatasan dengan provinsi tetangga.

Baca juga: Polda Kalteng tangkap pelangsir bio solar bersubsidi di Barut

"Anggota dari polsek, koramil serta perangkat kecamatan yang dilibatkan dalam pengamanan larangan mudik juga menjaga jalan-jalan yang menjadi alternatif atau jalan tikus untuk pemudik masuk," bebernya.

Ditegaskan Rifki, semoga dengan adanya aturan pemerintah terkait pelarangan mudik Lebaran dari tanggal 6-17 Mei 2021 berjalan maksimal dalam menekan penyebaran wabah COVID-19 di Kalteng khususnya.

Dia mengatakan apabila tidak dilakukan penekanan seperti ini, dikhawatirkan dapat meningkatkan penyebaran virus Corona, sehingga akan sulit dilakukan pemusnahan terhadap wabah itu.

"Kami berharap dengan upaya seperti ini pada saat Lebaran tidak ada terjadi peningkatan virus COVID-19 di wilayah kita. Bahkan kita sama-sama berdoa agar wabah ini segera berakhir," tandasnya.

Baca juga: Polri prioritaskan pencegahan karhutla di 6 polda, salah satunya Kalteng

Baca juga: Polda Kalteng ringkus sembilan pengedar sabu di berbagai daerah