Tugas berat menanti Penjabat Sekda Kotim Fajrurrahman

id Tugas berat menanti Penjabat Sekda Kotim Fajrurrahman, Kalteng, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, fajrurrahman

Tugas berat menanti Penjabat Sekda Kotim Fajrurrahman

Bupati Halikinnor melantik Fajrurrahman menjadi Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur disaksikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Senin (10/5/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur,  Kalimantan Tengah, Fajrurrahman diminta segera menyesuaikan diri dan bekerja maksimal karena tugas berat sudah menanti.

"Kami harap segera bertugas membantu menjalankan roda pemerintahan dan segera menyusun RPJMD karena RPJMD menjadi haluan dalam melaksanakan pemerintahan mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri di Sampit, Senin.

Fahrizal menjadi saksi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Fajrurrahman sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur. Acara dipimpin Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor.

Fajrurrahman menggantikan pejabat sebelumnya yaitu Akhmad Husain yang telah menyelesaikan tugas selama tiga bulan. Kini Husain kembali menjalankan tugas definitifnya di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Fajrurrahman menjadi orang yang ketiga menjadi Penjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur pada periode ini. Sebelum Akhmad Husain, jabatan tersebut diduduki Suparmadi yang juga Kepala Dinas Pendidikan.

Baca juga: Pemkab Kotim batal tutup objek wisata

Jabatan Sekretaris Daerah lowong setelah pejabat definitif yaitu Halikinnor mengundurkan diri karena maju menjadi calon bupati. Untuk mengisi kekosongan, jabatan tersebut diisi seorang penjabat secara bergantian yaitu Suparmadi, Akhmad Husain dan kini Fajrurrahman.

"Ini merupakan keputusan gubernur berdasarkan usulan bupati. Ini pertimbangannya karena pejabat sebelumnya memiliki tugas cukup padat di Pemprov sehingga lebih efektifnya ditugaskan pejabat di lingkup Pemkab Kotim sendiri," ujar Fahrizal.

Fajrurrahman yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur, diminta segera bekerja menjalankan tugas penting tersebut. Sebagai Penjabat Sekretaris Daerah, dia dituntut mampu mengoordinasi seluruh satuan organisasi perangkat daerah dalam membantu menjalankan anggaran dan roda pemerintahan.

Saat ini diakui cukup berat karena sebagian anggaran difokuskan untuk penanganan COVID-19. Untuk itu perlu kecermatan dalam pengelolaan keuangan dan pelaksanaan program pembangunan.

"Mudah-mudahan Penjabat Sekretaris Daerah bisa membantu secara maksimal tugas bupati dan wakil bupati," harap Fahrizal.

Baca juga: Varian virus Corona dari India ditemukan di Kotim

Bupati Halikinnor berharap Penjabat Sekretaris Daerah dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab karena Penjabat Sekretaris Daerah mempunyai kewenangan yang sama seperti sekretaris daerah definitif.

Penjabat Sekretaris Daerah mempunyai tugas yang strategis yaitu membantu kepala daerah atau bupati dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana sera memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat daerah.

"Saya juga berharap agar seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dapat berkoordinasi dengan Penjabat Sekretaris Daerah dalam pelaksanaan tugas demi pencapaian tujuan," harap Halikinnor.

Sementara itu Fajrurrahman berjanji berupaya maksimal menjalankan tugas tersebut. Tugas yang harus segera dilakukannya bersama satuan organisasi perangkat daerah terkait adalah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD untuk mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati.

"Terkait lelang Sekda, tahapannya dimulai dengan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Lelang akan dilaksanakan terbuka dan diharapkan siapa saja yang memenuhi syarat untuk ikut sehingga dihasilkan yang terbaik," demikian Fajrurrahman.

Baca juga: Masyarakat Kotim diimbau tidak abaikan protokol kesehatan saat beribadah