Desa Gandang dipersiapkan jadi lokasi terminal baru di Pulang Pisau

id Desa Gandang jadi lokasi terminal, Camat Maliku Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Teras, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng

Desa Gandang dipersiapkan jadi lokasi terminal baru di Pulang Pisau

Camat Maliku Kabupaten Pulang Pisau, Teras. ANTARA/ Adi Waskito

"Desa ini berada diperlintasan jalan provinsi Pulang Pisau-Bahaur dan rencananya dipersiapkan untuk dibangun terminal penumpang,"
Pulang Pisau (ANTARA) - Camat Maliku Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Teras menyatakan bahwa dari hasil koordinasi bersama Dinas Perhubungan bahwa Desa Gandang menjadi salah satu desa alternatif yang dipersiapkan menjadi lokasi dibangunnya terminal penumpang.

"Desa ini berada diperlintasan jalan provinsi Pulang Pisau-Bahaur dan rencananya dipersiapkan untuk dibangun terminal penumpang," kata Teras di Pulang Pisau, Selasa.

Dalam safari jurnalistik yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di kecamatan tersebut, dia menyebutkan bahwa koordinasi bersama Dinas Perhubungan terkait rencana lokasi tersebut telah dilakukan, termasuk dengan kepala desa setempat. Luasan lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan terminal ini membutuhkan lahan hingga seluas satu hektare.

"Untuk lahan sudah ada tersedia. Tinggal mekanisme dalam pembebasan lahannya nanti seperti apa. Apakah bersifat pergantian atau hibah dari pemilik lahan," papar Teras.

Pemerintah Kecamatan Maliku, kata Teras, juga berharap ada dibangun terminal penumpang di kecamatan setempat. Selain dilintasi jalan provinsi Pulang Pisau-Bahaur, kedepan moda transportasi akan terus mengalami peningkatan dan kemajuan yang cukup signifikan dengan telah operasionalnya pelabuhan Bahaur di Kecamatan Kahayan Kuala.

Meski tidak disebutkan kapan rencana pembangunan terminal penumpang mulai direalisasikan, Teras mengatakan Dinas Perhubungan setempat dalam koordinasi hanya meminta agar pemerintah kecamatan bisa memfasilitasi dalam mempercepat persiapan lokasi yang dinilai strategis untuk dibangun terminal.

"Semakin cepat lokasi dipersiapkan, maka memudahkan bagi Dinas Perhubungan untuk mengajukan permohonan anggaran pembangunan terminal di lokasi yang sudah dipilih itu," beber Teras.

Baca juga: Ada formasi untuk lulusan SMA dalam perekrutan CASN Pulang Pisau

Dia mengatakan dengan meningkatnya akses kendaraan di ruas jalan Pulang-Pisau Bahaur ini, pemerintah kecamatan juga berencana memindah pasar tungging yang beroperasi di Maliku setiap hari Jumat. Pasar mingguan ini nantinya dipindah ke lapangan bola yang ada agar tidak mengganggu para pengendara yang melintas di jalan tersebut.

"Pemindahan pasar mingguan ini sudah mendapat persetujuan dari pengurus pasar, tokoh masyarakat, serta berbagai pihak lainnya. Termasuk dari pengelola lapangan yang di dalamnya terdiri dari KNPI dan Karang Taruna setempat. Pemindahan aktivitas pasar ini dilakukan dalam waktu dekat ini," demikian Teras.

Baca juga: Disperindagkop Pulang Pisau pastikan pasokan bahan pokok aman

Baca juga: Kementan apresiasi keseriusan Gubernur Kalteng dalam pengembangan food estate