Pemkab Pulpis Tunjuk Desa Gandang Wakili Lomba Desa

id Pemkab Pulpis, Sekda Pulpis, pulpis, lomba desa, kalteng, Pemkab Pulpis Tunjuk Desa Gandang Wakili Lomba Desa, Susilo I Tamin

Pemkab Pulpis Tunjuk Desa Gandang Wakili Lomba Desa

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Susilo I Tamin menyampaikan paparan kepada tim penilai dipilihnya Desa Gandang Barat Kecamatan Maliku untuk mewakili Kabupaten Pulang Pisau dalam lomba desa tingkat Provinsi Kalteng 2016. (Foto Humas Setda Pul

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Seketariat Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Susilo I Tamin mengatakan bahwa Desa Gandang Barat Kecamatan Maliku ditunjuk oleh pemerintah setempat untuk mewakili lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2016.
 
"Indikator yang menjadi pertimbangan dipilihnya desa tersebut adalah partisipasi dan gotong royong  masyarakat setempat yang diwujudkan dengan pembangunan sarana dan prasarana desa secara bersama-sama," kata Susilo di Desa Gandang Barat, Pulang Pisau (Pulpis), belum lama ini.
 
Selain gotong-royong yang masih tinggi, kata Susilo, keterlibatan kaum perempuan dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta stabilitas keamanan dan ketertiban juga menjadi salah satu pertimbangan. Desa ini juga konsisten melakukan pembinaan dan pelestarian budaya tradisional sehingga masih terjaga dan eksis sampai saat ini.
 
Saat menerima kunjungan dari Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Susilo mengatakan bahwa sebelumnya desa ini terpilih menjadi menjadi yang terbaik dalam lomba desa di tingkat Kabupaten Pulang Pisau. Lomba desa dan kelurahan ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
 
Perlombaan desa ini, ujar dia, sekaligus untuk menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa dan kelurahan dengan menitikberatkan pada keswadayaan masyarakat desa setempat. 

Kriteria penilaian lomba didasari  dari data dan realita yang ada selama dua tahun terakhir. Diharapkan Desa Gandang Barat bisa memperoleh penilaian yang maksimal dan menjadi yang terbaik dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, demikian Susilo.