Pilihan camilan khas Belanda untuk temani akhir pekan

id camilan khas Belanda,Bitterballen ,Patatje Oorlog/Kentang Goreng Perang,Macaroni Schotel,Pilihan camilan khas Belanda untuk temani akhir pekan

Pilihan camilan khas Belanda untuk temani akhir pekan

Bitterballen Dutch Kitchen (ANTARA/HO/Dutch Kitchen)

Jakarta (ANTARA) - Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia sangat menggemari ragam jajanan atau makanan ringan yang diadopsi dari luar negeri.

Umumnya, makanan ringan dari negara Asia seperti Korea, Taiwan, dan Jepang menjadi favorit seiring dengan meningkatnya popularitas K-Pop dan J-Pop di Indonesia. Tapi, tahukah kamu bahwa negara-negara Eropa juga memiliki jajanan atau camilan yang tak kalah lezat? Belanda salah satunya.

Negeri yang terkenal dengan julukan negeri kincir angin tersebut punya beberapa makanan ringan atau jajanan yang lezat, tak biasa, dan menggugah selera.

Baca juga: Deretan makanan yang bantu tingkatkan energi

Dutch Kitchen, salah satu gerai yang menjual makanan ringan khas Belanda di Indonesia membagikan rekomendasi jajanan unik khas Belanda yang bisa dicoba untuk menemani libur akhir pekan sebagai berikut:

1. Bitterballen dengan ragam varian, si bulat yang garing dan renyah

Salah satu makanan ringan dari Belanda yang mungkin paling sering ditemui di Indonesia adalah Bitterballen. Bitterballen merupakan camilan yang umumnya terdiri dari bahan dasar daging, tepung terigu, bubuk pala, cincangan parsley, garam, dan merica. Seperti halnya jajanan kekinian saat ini, Bitterballen juga dilapisi dengan tepung roti dan kemudian digoreng untuk menjadikannya renyah.

2. Patatje Oorlog/Kentang Goreng Perang
Patatje Oorlog/Kentang Goreng Perang (ANTARA/HO/Dutch Kitchen)


Meskipun kerap disebut berasal dari Perancis atau Belgia, Belanda juga terkenal dengan olahan Kentang. Orang Belanda menamai Kentang Goreng versi mereka dengan nama Patatje Oorlog atau Kentang Goreng Perang. Nama unik ini didasari oleh banyaknya toping yang bercampur dalam kentang goreng ini yang ramai bercampur seperti layaknya perang.

Baca juga: Resep 'Pannacota with Mixed Berry Sauce' untuk pilihan camilan anak

3. Macaroni Schotel
Macaroni Schotel (ANTARA/HO/Dutch Kitchen)


Dari kata “Schotel” saja kita bisa langsung menebak bahwa makanan ini ada kaitannya dengan Belanda. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Schotel erat kaitannya dengan kata Schaal yang dalam bahasa Belanda berarti wadah atau mangkok. Oleh karena itu, Macaroni Schotel bisa diartikan hidangan makaroni yang disajikan dalam wadah. Sedikit berbeda, Dutch Kitchen menamai Macaroni andalannya sebagai Mac n Cheese. Satu set Mac N Cheese dihargai Rp36.000 dan disertai kentang goren.

“Selama ini masyarakat Indonesia lebih familiar dengan makanan ringan dari Asia. Kami berkomitmen membawa pengalaman yang berbeda untuk mereka dengan mempopulerkan makanan ringan dari Eropa, khususnya Belanda. Sebagai bagian untuk semakin mempopulerkan jajanan ini, kami menggandeng layanan pembayaran ShopeePay untuk memberikan cashback hingga 100 persen pada 6.6 ShopeePay Mid Year Deals yang berlangsung 28 Mei - 9 Juni yang akan datang,” kata Founder Dutch Kitchen, Nelly Purnomo.

Baca juga: Efek samping konsumsi kacang pistachio secara berlebih

Baca juga: Kiat tumbuhkan kebiasaan ngemil baik untuk si kecil

Baca juga: Cara membuat camilan kukis jahe dan alpukat krim mouse