Nuryakin menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sekda Kalteng

id Sekda kalteng berganti, fahrizal fitri, plt sekda kalteng nuryakin, pemprov kalteng, fahrizal fitri berhenti jadi sekda, kalteng, kalimantan tengah, n

Nuryakin menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sekda Kalteng

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Nuryakin kini resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah menggantikan pejabat sebelumnya Fahrizal Fitri.

"Kami akan melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan sekda maupun program, visi dan misi gubernur," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Untuk itu dirinya siap melanjutkan dan melaksanakan tugasnya, baik kini sebagai pelaksana tugas sekretaris daerah, maupun definitif sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kalteng.

"Nanti akan dilaksanakan lelang jabatan. Siapa yang terpilih menjadi sekda definitif itu keputusan gubernur melalui pansel yang penilaiannya biasanya oleh pihak kemendagri dan kepresidenan," tuturnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kalimantan Tengah Katma F Dirun mengatakan, terkait jabatan tinggi madya (sekda), pengangkatan dan pemberhentian sepenuhnya merupakan kewenangan presiden.

Sedangkan gubernur selaku pejabat pembinaan kepegawaian hanya melakukan pembinaan terhadap jabatan tinggi madya dan pratama.

"Surat keputusan presiden, jadi sudah disampaikan kepada beliau surat keputusan presiden," katanya saat ditanya terkait Sekda Kalteng.

Disampaikannya, sebagai PNS sesuai PP 11 tahun 2017 semua pejabat dalam interval waktu dua tahun dilakukan evaluasi. Evaluasi dimaksudkan dalam rangka penyesuaian-penyesuaian kompetensi dihubungkan dengan kebutuhan-kebutuhan organisasi.

Dalam penyesuaian-penyesuaian itu, pada akhirnya ada yang tetap, ada yang bergeser dan ada pula yang promosi. Hal yang sama juga berlaku pada jabatan tinggi madya, selain dievaluasi oleh pejabat pembina kepegawaian tingkat provinsi, juga oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri.

"Bisa jadi suatu saat beliau akan dipromosikan di lingkungan pemerintah pusat," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, terkait pejabat definitif Sekda Kalteng selanjutnya masih akan pihaknya konsultasikan dengan pihak Kementerian Dalam Negeri maupun Komisi Aparatur Sipil Negara.

Sementara itu Fahrizal Fitri menyampaikan harapannya kepada pelaksana tugas sekretaris daerah agar dapat bekerja maksimal membantu tugas pemerintahan oleh gubernur dan wakil gubernur.

"Seperti mewujudkan visi dan misi, mengoordinasikan semua perangkat daerah di lingkup provinsi, koordinasi ke kabupaten dan kota, maupun pemerintah pusat," terangnya.

Dijelaskannya berdasarkan keputusan terbaru, ia kini ditugaskan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) setempat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar