Tingkatkan produksi padi, Pemkab Barut perbaiki jaringan irigasi persawahan

id irigasi barito utara,dinas pupr barut,kecamatan montallat,saluran irigasi,kalteng

Tingkatkan produksi padi, Pemkab Barut  perbaiki jaringan irigasi persawahan

Kepala Dinas PUPR Barito Utara Muhammad Iman Topik didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air, Kepala Seksi Operasional saat melakukan pengecekan saluran irigasi persawahan yang berada di Kelurahan Montallat II Kecamatan Montallat, Rabu (16/6/2021).ANTARA/HO-Dinas PUPR Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat melakukan penanganan dan perbaikan sejumlah sarana infrastruktur  khususnya jaringan irigasi persawahan untuk meningkatkan hasil panen padi masyarakat.

"Bupati Barito Utara Nadalsyah telah menginstruksi kepada kami (Dinas PUPR) untuk segera melakukan penangganan dan perbaikan beberapa infrastruktur pendukung khususnya jaringan irigasi persawahan di Kecamatan Montallat," kata Kepala Dinas PUPR Barito Utara Muhammad Iman Topik di Muara Teweh, Kamis. 

Menurut dia, dalam penanganan dan perbaikan jaringan irigasi tersebut pihaknya melakukan pengecekan ke lapangan atas penangganan dan perbaikan infrastruktur rehabilitasi jaringan irigasi persawahan yang berada di wilayah Kelurahan Montallat II Kecamatan Montallat yang merupakan salah satu sentra padi sawah di Barito Utara. 

Kegiatan ini, kata dia,juga diharapkan dapat menunjang pelaksanaan pembangunan di bidang sektor pertanian khususnya peningkatan produksi beras di Kelurahan Montallat II Kecamatan Montallat.

“Kami turun ke lapangan dalam rangka melakukan monitoring atas pelaksanaan pekerjaan, menginggat tahun 2021, Dinas PUPR Barito Utara mendapat bantuan anggaran rehabilitasi jaringan irigasi yang dananya bersumber dari DAK Penugasan," kata Topik.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut pekerjaan rehab saluran primer dan sekunder serta rehab saluran pembuang ini  menjadi prioritas mengingat jaringan irigasi ini mampu mengairi sawah seluas lebih kurang 150 hektare di daerah setempat. 

Hal ini, ucapnya, guna memastikan bahwa kegiatan tersebut merupakan skala prioritas yang sedang ditangani. 

"Kita berharap dengan fungsionalnya secara baik saluran irigasi ini nantinya, dapat meningkatkan produktifitas padi hasil panen para petani di wilayah Kecamatan Montallat serta dapat mengatur sirkulasi pengairan secara baik untuk distribusi air ke persawahan," ujar Topik.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar