Optimalkan perencanaan program, Profil Desa di Seruyan perlu disusun

id Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Kabupaten Seruyan, Seruyan, DPRD Seruyan, profil desa di seru

Optimalkan perencanaan program, Profil Desa di Seruyan perlu disusun

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang.ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mendorong seluruh desa maupun kelurahan di wilayah setempat, agar menyusun profil desa sesuai dengan kondisi saat ini atau terbaru.

Keberadaan profil itu sangat penting sebagai dasar dalam menyusun perencanaan dan program pembangunan di desa maupun kelurahan menjadi lebih optimal, kata Bejo di Kuala Pembuang, Senin.

"Jadi, saya berharap pemerintah desa maupun kelurahan aktif memperbarui profil desa setiap tahun, agar pembangunan berjalan lancar dan berkelanjutan," tambahnya.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Seruyan itu, profil desa atau kelurahan merupakan data menyeluruh mengenai karakter daerah yang meliputi, data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, permasalahan serta tingkat perkembangan desa atau kelurahan.

Dia mengatakan, keberadaan profil desa atau kelurahan menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat yang ada di desa tersebut.

"Ketersediaan data yang valid merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan," ucapnya.

Maka dari itu, kata dia, keberadaan profil desa atau kelurahan sangat penting dalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah. Adanya gambaran yang lengkap dari suatu desa akan memudahkan berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan.

Baca juga: DPRD Seruyan harapkan pengelolaan keuangan kedepankan asas transparansi

"Tentu dengan adanya profil desa yang terus diperbaharui setiap tahunnya akan memudahkan pihak lain untuk berpartisipasi dalam  pembangunan di desa kita," ungkap Bejo.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan bahwa masih banyak desa yang gagal dalam menyusun perencanaan pembangunan desa dengan baik dan berkualitas, disebabkan minimnya data sebagai dasar penyusunan perencanaan dan penganggaran pembangunan desa, sehingga kualitas pembangunan desa kurang maksimal.

"Tentu hal yang mendasari itu salah satunya karena profil desa tidak diperbaharui setiap tahunnya, kalau hal tersebut dapat diperbaharui setiap tahunnya saya yakin perencanaan pembangunan didesa itu akan lebih matang," demikian Bejo.

Baca juga: Legislator Seruyan dorong sarpras puskesmas terus ditingkatkan

Baca juga: Disdik Seruyan: PTM terbatas masih dipersiapkan