DPRD minta kualitas SDM pengurus koperasi di Seruyan diperhatikan

id DPRD minta kualitas SDM pengurus koperasi di Seruyan diperhatikan, Kalteng, Seruyan, DPRD seruyan

DPRD minta kualitas SDM pengurus koperasi di Seruyan diperhatikan

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo meminta kepada instansi terkait agar bisa memperhatikan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus koperasi yang ada di Bumi Gawi Hantantiring.

“SDM setiap pengurus koperasi yang ada di Seruyan ini merupakan salah satu faktor penting penentu kemajuan koperasi tersebut. Jadi saya harap hal tersebut harus diperhatikan,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, jika kualitas SDM pengurus koperasi kurang memadai, maka akan sangat berdampak terhadap tidak sehatnya pengelolaan koperasi tersebut. 

Sejatinya, pengurus koperasi harus memiliki kemampuan yang baik dalam pengelolaan usaha sehingga bisa bersaing di lapangan. Jika kemampuan itu tidak dimiliki maka upaya menjalin kemitraan dan kerja sama dengan pihak ketiga akan sulit untuk tercapai.

“Akan sulit dalam menjalin kemitraan dengan pihak ketiga, dalam hal modal usaha untuk pengembangan koperasi tersebut. Kalau kualitas SDM pengurusnya tidak memadai, maka untuk mengembangkan dan memajukan sebuah koperasi pasti membutuhkan kerja ekstra,” kata Eko.

Baca juga: Kejari Seruyan tahan dua oknum perangkat Desa Cempaka Baru

Dia menambahkan, kehadiran koperasi di tengah-tengah masyarakat sangat penting untuk membantu masyarakat itu sendiri. Keberadaan koperasi diharapkan juga mampu mengurangi beban pemerintah dalam menjaga kestabilan perekonomian di Seruyan.

Beragam koperasi seperti koperasi desa, koperasi pertanian, koperasi perikanan, koperasi simpan pinjam, koperasi industri, maupun koperasi yang bergerak di bidang konsumsi, diharapkan bisa terus berkembang.

“Dengan adanya koperasi tersebut, para petani tidak akan kebingungan lagi jika memerlukan pupuk dan kebutuhan lainnya untuk bertani, nelayan yang memerlukan alat-alat untuk pelayaran, serta para pengusaha-pengusaha kecil yang mempunyai modal terbatas, mereka bisa memanfaatkan keberadaan koperasi tersebut,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menambahkan, koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun badan usaha perlu meningkatkan kualitasnya secara berkala, agar menjadi kuat dan mandiri sesuai dengan prinsip koperasi. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, bukan hanya menjadi tugas koperasi, tetapi juga Pemkab Seruyan dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Pemkab Seruyan diminta libatkan DPRD dalam penyelesaian konflik