DPRD Seruyan minta potensi agrowisata dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat

id DPRD Seruyan minta potensi agrowisata dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat, Kalteng, seruyan

DPRD Seruyan minta potensi agrowisata dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat

Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah M Aswin meminta potensi agrowisata yang ada di desa seperti di Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur dikelola dengan baik.

“Saya meminta kepada komponen yang terlibat dalam agrowisata itu, harus mengelola sektor usaha tersebut dengan sebaik-baiknya, agar bisa membawa efek positif untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa setempat,” kata Aswin di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut dia, agrowisata perkebunan pisang di lokasi itu sangat potensial untuk dikelola dengan baik, agar dapat menjadi daya tarik masyarakat lain untuk datang berkunjung ke desa tersebut. Hal ini dimaksudkan agar sektor agrowisata bisa tetap berjalan dengan baik ke depannya dan tidak sampai terhenti di tengah jalan.

“Harus bisa dikelola dengan maksimal seperti menyiapkan berbagai macam produk olahan dari pisang dan lain sebagainya. Ini juga yang akan menjadi daya tarik bagi masyarakat luar untuk datang berkunjung,” ungkapnya.

Baca juga: Legislator berharap budaya gotong royong terus dilestarikan di Seruyan

Dia menjelaskan, kehadiran sektor agrowisata tersebut setidaknya pasti akan berpengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Dampaknya secara nyata yaitu pendapatan mereka pun bisa bertambah.

Hal ini juga bisa menjadi percontohan bagi desa lainnya yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini. Langkah ini dinilai merupakan salah satu bentuk kemandirian dari desa dalam upaya mendongkrak perekonomian warga setempat.

“Inovasi-inovasi memang seharusnya bisa diciptakan oleh pihak desa, baik itu di sektor wisata dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar desa juga punya sumber pemasukannya sendiri untuk membantu anggaran pelaksanaan program di desa masing-masing,” jelasnya.

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan bahwa hal yang tidak kalah penting yakni pemerintah desa harus bisa melibatkan masyarakat setempat dalam mengelola agrowisata tersebut agar mereka dapat langsung merasakan dampak yang positif.

Baca juga: DPRD minta kualitas SDM pengurus koperasi di Seruyan diperhatikan