Legislator Seruyan minta bantuan pertanian di Dapil III dimaksimalkan

id Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Salidin, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Seruyan, pertanian, bantuan pertanian di seruyan

Legislator Seruyan minta bantuan pertanian di Dapil III dimaksimalkan

Anggota DPRD Seruyan Salidin di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Salidin mengaku ada menerima aspirasi dari masyarakat khususnya Petani di daerah pemilihan III meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun merasa bantuan pertanian dari pemerintah masih belum maksimal

"Itu salah satu aspirasi yang kami terima dalam bidang pertanian. Di mana pada umumnya masyarakat mengeluhkan tidak bisa berladang akibat Kurangnya bantuan dari Pemkab Seruyan,” kata Salidin di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Seruyan itu, yang menjadi aspirasi mereka seperti bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan juga bibit dinilai masih kurang sehingga petani di daerah tersebut kesulitan dalam melakukan aktivitas pertanian.

"Seperti alsintan dan bibit yang memang kurang di Dapil III. Padahal bantuan-bantuan tersebut sangat diharapkan oleh masyarakat untuk mendukung aktivitas pertanian mereka," kata Salidin.

Wakil rakyat Seruyan itu menjelaskan, dengan adanya alsintan sendiri tentunya akan sangat memudahkan masyarakat dalam mengolah lahan pertanian yang akan digunakan. Sementara bibit sendiri, tentunya bisa membantu mereka untuk mendapatkan bibit dengan kualitas unggulan sehingga memperoleh hasil panen yang maksimal.

"Masyarakat sangat mengharapkan bantuan baik itu dari kabupaten maupun provinsi berupa alsintan handtractor dan lain-lain, bantuan bibit maupun," harapnya.

Baca juga: DPRD Seruyan minta potensi agrowisata dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan yang tidak kalah penting adalah keberadaan penyuluh pertanian dalam mendukung dan mendampingi petani di daerah tersebut seperti halnya memberikan edukasi agar dapat memaksimalkan hasil produksi mereka.

Selain itu, para petani juga tidak akan kebingungan lagi jika ada penyuluh pertanian tersebut tentu mereka akan dengan mudah berkonsultasi terkait kendala-kendala yang dihadapi dibidang pertanian itu.

"Keberadaan penyuluh pertanian tersebut memang sangat penting dalam menunjang keberhasilan para petani di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiting ini, salah satunya dengan memberikan pemahaman serta edukasi kepada para petani,” demikian Salidin.

Baca juga: Legislator berharap budaya gotong royong terus dilestarikan di Seruyan

Baca juga: DPRD minta kualitas SDM pengurus koperasi di Seruyan diperhatikan