Ketua DPRD Seruyan: Tim Pencegahan Karhutla Kecamatan perlu dibentuk

id Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo, DPRD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng, DPRD Seruyan, Tim Pe

Ketua DPRD Seruyan: Tim Pencegahan Karhutla Kecamatan perlu dibentuk

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo menyatakan bahwa pembentukan tim pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di setiap kecamatan di sudah seharusnya dilakukan.

"Jika berbicara tentang bencana Karhutla, tentu memang lebih baik dilakukan upaya pencegahan terlebih dahulu. agar tidak menjadi semakin parah, salah satunya dengan membentuk tim pencegahan di Kecamatan," kata Zuli Eko, di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut dia, upaya pencegahan tersebut memang perlu dilakukan dan salah satunya adalah dengan melibatkan semua unsur termasuk pihak kecamatan yang juga mempunyai peran penting dalam upaya itu sendiri.

"Karhutla pastinya yang lebih penting itu tentang upaya pencegahan, karena itu yang memang utama. Dan memang melibatkan semua unsur termasuk kecamatan merupakan langkah tepat," jelasnya.

Selain itu, dirinya menilai bukan hanya pada tingkat kecamatan saja, akan tetapi hingga ke tingkat desa juga seharusnya ikut terlibat dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan. Hal tersebut agar dapat mengantisipasi terjadinya karhutla di Seruyan.

"Sampai pada unsur masyarakat juga diperlukan partisipasinya. Jadi memang kita harus ada komitmen bersama, baik itu dari pemerintah daerah, TNI, Polri sampai dengan lapisan masyarakat," harap Zuli Eko.

Baca juga: Legislayor Seruyan minta bantuan pertanian di Dapil III dimaksimalkan

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan dimulai dari sekarang upaya pencegahan itu harus dimaksimalkan, karena berkaca dari tahun sebelumnya karhutla di Seruyan ini menjadi salah satu masalah yang serius saat musim kemarau tiba.

Dia mengatakan dampak dari karhutla ini sangat besar baik itu bagi lingkungan alam di Seruyan serta juga bagi kesehatan. Maka dari itu, upaya pencegahan harus di maksimalkan agar bisa diantisipasi.

"Upaya antisipasi harus kita maksimalkan karena di tempat kita ini wilayahnya banyak lahan gambut yang mana apabila terjadi kebakaran akan sulit untuk dipadamkan," demikian Eko.

Baca juga: DPRD Seruyan minta potensi agrowisata dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat

Baca juga: Legislator berharap budaya gotong royong terus dilestarikan di Seruyan

Baca juga: DPRD minta kualitas SDM pengurus koperasi di Seruyan diperhatikan