DP3AKB Bartim minta orang tua jaga psikis anak di tengah pandemi COVID-19

id DP3AKB Bartim,Bartim,Tamiang Layang,Pemkab Bartim,jaga psikis anak ditengah pandemi COVID-19,pandemi COVID-19, Hari Anak Nasional,Peringatan HAN, Simo

DP3AKB Bartim minta orang tua jaga psikis anak di tengah pandemi COVID-19

Kepala DP3AKB Bartim, dr Simon Biring. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, dr Simon Biring meminta semua pihaknya terus berupaya mewujudkan pemenuhan hak anak.

"Selain itu, juga perlindungan terhadap anak-anak khususnya di Kabupaten  Bartim," kata dr Simon Biring di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, tidak perlu ada lagi kekerasan, perlakuan buruk, perundungan dan eksploitasi terhadap anak.

Baca juga: Bupati Apresiasi Kejari Bartim gelar vaksinasi massal di Kejari Bartim

Momentum Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021 diharapkan menjadi momentum para orang tua dan semua pemangku kepentingan tetap mengedepankan kepentingan anak, meski dalam keadaan situasi sulit di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini.

Ia mengatakan, orang tua memiliki peran penting untuk membimbing tumbuh kembang anak-anak agar tetap optimal. Sebagai generasi penerus, lanjut dia, hak-hak anak harus diperhatikan agar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang hebat di masa depan.

Simon Biring juga meminta orang tua untuk menjaga psikis anak-anak dengan baik di tengah pandemi ini.

Diaku, pandemi telah membuat banyak orang tua kewalahan dalam menghadapi anak-anak. Para orang tua diharapkan bisa mendidik anak dengan cara-cara kreatif, sehingga psikis anak tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: RSUD di Bartim sedang tunggu distribusi vaksin COVID-19

“Orang tua di masa pandemi COVID-19 memang memiliki kendala yang cukup besar karena selain mencukupi kebutuhan rumah tangga juga bagaimana harus melindungi anak-anaknya dari COVID-19,” kata Simon.

Dalam mensukseskan pembangunan kedepan, lanjut Simon, orang tua saat ini menjadi garda terdepan perlindungan anak dari COVID-19.

Wakil Ketua DPRD Barito Timur, Ariantho S Muler berharap peringatan Hari Anak Nasional (HAN) menjadi momentum untuk penyelamatan anak dari ancaman COVID-19.

Menurutnya, anak-anak termasuk kelompok rentan yang mesti dilindungi dari ancaman pandemi virus COVID-19.

Baca juga: Pencairan bantuan rumah ibadah terapkan protokol kesehatan

"Semua pihak hendaknya bersatu untuk menjamin pemenuhan hak anak, terutama hak untuk hidup sehat," kata politisi PKPI itu.

Diungkapkan Ariantho, data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan konfirmasi COVID-19 pada anak berusia 0-18 tahun mencapai 12,5 persen dari jumlah total konfirmasi COVID-19, atau satu dari delapan kasus konfirmasi COVID-19 adalah anak-anak.

"Oleh sebab itu, mari kita jaga dan rawat anak-anak kita dengan selalu menerapkan protokol kesehatan," demikian Ariantho.

Baca juga: Bupati peringatkan seluruh ASN di Bartim jangan keluar daerah

Baca juga: Warga Bartim tolak rusunawa jadi tempat karantina pasien COVID-19

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar