Dinsos ajak masyarakat kawal tumbuh kembang anak di Kalteng

id Dinsos kalteng, dinas sosial, farid wajdi, hari anak nasional, tumbuh kembang anak, kalteng, kalimantan tengah

Dinsos ajak masyarakat kawal tumbuh kembang anak di Kalteng

Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Farid Wajdi. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Farid Wajdi berharap tumbuh kembang anak selalu terjaga dengan baik dan terlindungi dari hal-hal yang dapat menghambat tumbuh kembang mereka.

"Selamat Hari Anak Nasional yang bertemakan 'anak terlindungi, Indonesia maju'. Saya mengajak masyarakat kita melindungi anak-anak dari berbagai permasalahan terutama yang menghambat tumbuh kembang mereka," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, di tengah pandemi COVID-19 seperti ini para orang tua diharapkan mampu melindungi anak dari paparan virus Corona, salah satunya dengan memperketat dan disiplin penerapan protokol kesehatan.

Seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, serta menjauhi atau menghindari kerumunan.

Selain itu, semua pihak harus secara bersama-sama melindungi dan menjamin anak-anak Indonesia, khususnya Kalteng untuk hidup dalam suasana yang aman dan damai.

Itu dimaksudkan sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi sehat, cerdas, disiplin, berakhlak luhur, sejahtera dan amanah.

"Pada saatnya nanti mereka siap meneruskan estafet kepemimpinan dan pembangunan negara kita," ucapnya.

Plt Kepala Dinsos Kalteng itu menuturkan, instansinya terus berupaya membantu anak-anak kurang beruntung agar mereka juga bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana anak-anak lainnya.

"Dinsos Kalteng akan selalu berkomitmen mengenai hal itu. Ingat anak merupakan harapan bangsa dan individu yang unik, penuh potensi yang perlu dikembangkan secara optimal," tutur Farid.

Ia menyampaikan, pada intinya memberikan perlindungan, agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama.

"Sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air," demikian Farid.