4.829 KPM di Barsel dapatkan bantuan beras

id Pemkab barsel, bupati barsel eddy raya samsuri, bantuan beras ppkm barsel, pandemi covid 19, buntok, kalteng, bansos, bantuan sosial

4.829 KPM di Barsel dapatkan bantuan beras

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri mengibarkan bendera pelepasan pemberangkatan armada distribusi bantuan beras PPKM di Buntok, Selasa (27/7). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 4.829 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mendapatkan bantuan beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari pemerintah pusat.

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri di Buntok, Selasa, mengatakan, sebanyak 4.829 KPM ini terdiri dari 2.586 KPM terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 2.243 KPM terdaftar mendapatkan bantuan dari Program Keluarga Harapan.

"Untuk masing-masing KPM tersebut mendapatkan sebanyak 10 kilogram beras," katanya saat pemberangkatan armada distribusi bantuan beras PPKM.

Dikatakannya, adanya bantuan beras ini tentu akan sangat membantu 4.829 KPM dari program BST dan PKH di daerah tersebut.

Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, dirinya sangat menyambut baik adanya bantuan beras PPKM 2021 dari pemerintah pusat.

Eddy Raya pada kesempatan itu meminta kepada Bulog selaku penyedia, agar menyiapkan beras dengan kualitas terbaik dan Kantor Pos Indonesia selaku transporter untuk menghindari kerumunan massa dalam penyaluran bantuan.

Ia mengharapkan bantuan beras tersebut disalurkan secara langsung kepada KPM yang ada pada tiap desa dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan penyalurannya.

Untuk kelancaran penyaluran bantuan ini, Eddy Raya meminta Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan supaya memonitor dan mengawasi pelaksanaannya.

"Karena, bantuan ini sangat diperlukan dan diharapkan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 saat ini," jelasnya.

Sementara itu Kepala Cabang Pembantu (KCP) Bulog Buntok, Hartuni menyampaikan, beras bantuan yang disalurkan untuk KPM di Barito Selatan sebanyak 48.290 kilogram.

"Beras yang disalurkan ini berkualitas sangat bagus seperti beras di pasaran dan berasnya juga baru datang dari Sulawesi Selatan," tambahnya.

Peluncuran pemberangkatan armada distribusi bantuan beras PPKM tersebut dihadiri Sekda Barito Selatan Edy Purwanto dan sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat dan dari Kantor Pos Indonesia selaku transporter dalam penyaluran beras tersebut.