Tampung hasil pertanian, Seruyan wacanakan Perda cadangan beras daerah

id Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, DKPP Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, Se

Tampung hasil pertanian, Seruyan wacanakan Perda cadangan beras daerah

Kepala DKPP Seruyan Albidinnor di Kuala Pembuang.ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), mewacanakan dibuatnya Peraturan Daerah yang mengatur tentang cadangan beras di wilayah tersebut, sebagai upaya menampung hasil pertanian para petani.

"Itu jadi merupakan salah satu upaya dan solusi untuk menampung hasil panen masyarakat, makanya kita berencana dan berinisiatif membuat Perda tentang Cadangan Beras Daerah," kata Kepala DKPP Seruyan Albidinnor, di Kuala Pembuang, Kamis.

Dia menyebut wacana itu juga sebagai salah satu bentuk dukungan dari pihaknya bahwasanya Pemkab Seruyan hadir untuk membantu para petani di wilayah setempat dalam hal mengatasi permasalahan pemasaran hasil panen yang selama ini masih banyak dikeluhkan.

"Undang- undang 12 tahun 2012 juga mengamanatkan setiap daerah berkewajiban memiliki ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup," beber dia.

Baca juga: Legislator sebut lapangan pekerjaan di Dapil III Seruyan masih minim

Albidinnor mengatakan, saat ini pembuatan Perda tersebut telah memasuki tahap pembahasan rancangan. Sedangkan naskah akademiknya sendiri sudah selesai dibuat. Selanjutnya tinggal kita ajukan kepada tim legislasi daerah atau bagian hukum.

"Kami berharap ini bisa disetujui untuk mengatasi permasalahan selama ini. Nantinya kita akan punya tempat penampungan khusus beras dan dapat bekerja sama dengan para petani lokal maupun pihak Bulog," ucapnya.

Kemudian, jika memang dalam suatu kondisi terjadi suatu permasalahan seperti daerah lain yang mengalami kekurangan pemasokan beras, maka Seruyan bisa menyalurkannya," ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus berupaya agar bisa memaksimalkan sektor pertanian di Bumi Gawi Hantantiring ini, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khusus nya petani.

"Dengan begitu pemasaran hasil panen petani juga akan terbantu dan cadangan beras kita bisa tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," demikian Albidinnor.

Baca juga: Wabup Seruyan dorong peningkatan produk UMKM di perdesaan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021