Diskominfosantik Bartim luncurkan buku data statistik sektoral

id Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Kabupaten Barito Timur, Kepala Diskominfosantik Kabupat

Diskominfosantik Bartim luncurkan buku data statistik sektoral

Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh (tengah) menerima Buku Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021 dari Kabid Persandian dan Statistik Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur, Ari Opu Pahandrian Migang (kiri) di Tamiang Layang, Rabu (28/7) lalu. ANTARA/Dokumentasi Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah meluncurkan data statistik sektoral dari Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur tahun 2020.

"Data itu disajikan berbentuk sebuah buku berjudul Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021," kata Kepala Diskominfosantik Barito Timur Drs Dwi Aryanto melalui Kabid Persandian dan Statistik Ari Opu Pahandrian Migang melalui rilis di Tamiang Layang, Selasa.

Dikatakan, Diskominfosantik menerbitkan buku Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021 secara berkala. Buku itu menyajikan data yang bersumber dari kompilasi data-data statistik sektoral OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur dan instansi lain sampai tahun 2020.

Ari menjelaskan buku yang sudah memiliki kode batang ISBN (International Standard Book Number) terdaftar pada perpustakaan nasional. Dalam ulasannya juga berisi data-data yang bersumber dari Polres Barito Timur, BPJS, Kementerian Agama, dan lain-lain.

"Data-data itu dapat digunakan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Barito Timur," ucapnya.

Buku tersebut juga bertujuan untuk memperkuat Sistem Statistik Nasional (SSN) sehingga dalam setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah dapat mengacu kepada data-data yang sudah tersedia dari  seluruh OPD di Kabupaten Barito Timur.

Baca juga: Peringatan Hari Jadi Bartim secara virtual

Kabid di Diskominfosantik Bartim itu mengatakan, walaupun sudah rilis, buku 'Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021' ini dicetak secara terbatas karena keterbatasan anggaran yang tersedia.

"Tapi untuk file sofcopy dapat dibaca atau diunduh secara gratis pada link: https://statistik.baritotimurkab.go.id/publikasi," kata Ari.

Dirinya pun mengapresiasi segenap instansi pemerintah yang telah berkenan menyampaikan data dan informasi hingga terwujudnya buku ini. Dia juga meminta kritik dan saran dari semua pihak.

"Kritik dan saran dapat disampaikan melalui ke email Diskominfosantik Bartim yakni diskominfo@baritotimurkab.go.id," demikian Ari.

Baca juga: Pemkab-Kejari Bartim teken MoU penanganan hukum perdata dan TUN

Baca juga: Pemkab Bartim berupaya tanggulangi krisis oksigen RSUD Tamiang Layang