Tagana-Karang Taruna Kalteng bantu penyediaan makanan pasien COVID-19

id Dinsos kalteng, dinas sosial kalimantan tengah, tagana kalteng, karang taruna kalteng, pandemi covid 19, dapur umum,Kalteng

Tagana-Karang Taruna Kalteng bantu penyediaan makanan pasien COVID-19

Foto Dokumentasi - Personel Tagana Kalteng memasak makanan untuk pasien COVID-19 yang berada di rumah sakit perluasan di Palangka Raya beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Dinsos Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah melalui Karang Taruna dan Taruna Siaga Bencana berpartisipasi aktif membantu penanganan pandemi COVID-19, diantaranya dalam pelayanan kebutuhan gizi di berbagai rumah sakit perluasan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng Farid Wajdi melalui Pelaksana Tugas Sekretaris Suryanto, Kamis, di Palangka Raya mengatakan, keterlibatan Kartar dan Tagana sebagai bentuk kepedulian serta mendukung langkah pemerintah dalam penanganan COVID-19 yang saat ini terus berkembang di daerah setempat.

"Ini langkah nyata yang dilakukan dengan bahu-membahu dalam menghadapi kondisi seperti sekarang ini," katanya.

Ia menjelaskan, dalam rangka penanganan COVID-19 pihaknya bersama-sama dengan berbagai tim gabungan dan Satgas COVID-19, hadir di tengah masyarakat.

"Saya pastikan 'all out' membantu, baik Tagana, Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) maupun lainya, bergerak bersama menanggulangi wabah tersebut. Pemberian bantuan makanan sudah tiga minggu ini," ungkapnya.

Suryanto menambahkan, Tagana dan lainnya di bawah bimbingan Dinsos setempat dalam menanggulangi pandemi di berbagai daerah pelosok, juga bergerak dalam kampanye pencegahan penyebaran virus melalui 5M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas, bahkan hingga penyemprotan desinfektan di berbagai fasilitas publik.

"Kami juga terus berupaya membantu pengelolaan dapur umum bagi masyarakat terdampak, membantu distribusi logistik dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terdampak," bebernya.

Lebih lanjut disampaikannya, pihaknya terus berupaya berkontribusi secara maksimal dalam penanggulangan bencana, baik pencegahan maupun kesiapsiagaan di masa pra bencana, serta perlindungan pada masa tanggap darurat.

Termasuk sampai pada pendampingan korban setelah terjadi bencana di masa pemulihan, sehingga warga yang menjadi korban bencana tersebut merasa nyaman dan diperhatikan oleh pemerintah.