Barut berupaya tingkatkan areal tanam melalui opla rawa

id opla rawa barut,barito utara,dinas pertanian,kalteng,opla rawa wilayah timur

Barut berupaya tingkatkan areal tanam melalui opla rawa

Dinas Pertanian Barito Utara melaksanakan rakornis Opla Rawa wilayah timur di aula Kecamatan Teweh Tengah, Muara Teweh, Rabu (1/9/2021).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, berupaya meningkatkan aral tanam baru melalui perbaikan infrastruktur optimasi lahan (opla) rawa di daerah setempat.

"Peningkatan areal tanam baru di luar dari pada lahan-lahan yang sudah di existing selama ini dengan menunjang dalam upaya meningkatkan produksi dan produksivitas  pertanian," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati di Muara Teweh, Rabu.

Upaya meningkatkan areal tanam ini dikemukannya pada rapat koordinasi teknis dalam rangka kegiatan perbaikan infrastruktur optimasi lahan rawa wilayah timur yang dihadiri dari kabupaten DAS Barito, selain Barito Utara juga Kepala Dinas Kabupaten Barito Selatan dan Barito Timur di aula Kecamatan Teweh Tengah.

Selain itu perwakilan Korem 102 Panju Panjung, mewakili Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perternakan dan Holtikultura Kalteng.

Menurut Syahmiludin, melalui kegiatan ini juga bisa menunjang dalam program kegiatan ke indek pertanian dari 100 menjadi 200 dan ke 300.

"Bahkan dibeberapa tempat walaupun skala masih kecil tetapi di tempat kami sudah mencapai 300 sampai 400 khususnya di sentral-sentral komoditi jagung dengan memanfaatkan lahan yang ada," katanya.

Dia mengucapkan selamat datang peserta rakornis baik dari provinsi maupun dari kabupaten tetangga yaitu dari Kabupaten Barito Selatan dan Barito Timur di Kota Muara Teweh, di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, dan sekaligus juga menyampaikan salam dari Bupati Nadalsyah dan Pak Sekda untuk melaksanakan kegiatan ini di daerah ini.

Ia juga mengapresiasi kepada pihak provinsi secara kedinasan memberikan tugas penunjukan dalam pelaksanaan rapat koordinasi teknis optimasi lahan rawa wilayah timur.

"Kami berkoordinasi dan mendapat info kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Barito Utara dan kami siap melaksanakan seperti arahan dan petunjuk yang sudah di tetapkan," ujarnya.

Kegiatan-kegiatan semacam ini kedepannya mungkin dapat dilaksanakan secara bergiliran di masing-masing kabupaten di DAS Barito.

"Syukur-syukur di luar Kota Palangka Raya, selama ini kegiatan selalu dilaksanakan di Palangka Raya apabila ada undangan padahal kami menginginkan ada suasana lain yang bisa kita lihat dan sekaligus mempererat tali silaturahmi di jajaran keluarga besar Dinas Pertanian yang ada di Kalteng," kata Syahmiludin.

Selain itu, kata dia, dengan bergantian melaksanakan kegiatan seperti ini, kemungkinan dengan melihat kemajuan daerah-daerah baik di Barito Timur, Barito Selatan maupun kabupaten lain di Kalteng mungkin bisa juga sebagai oleh-oleh buat dicontoh dan dikembangkan di daerah masing-masing.

"Kami sangat berterima kasih di mana Kabupaten Barito Utara sudah ditunjuk dan dipercaya sebagai pelaksana kegiatan optimasi lahan rawa di wilayah timur," ujar Syahmiludin.