Gubernur Kalteng: Jangan ada penumpukan bantuan masyarakat terdampak banjir

id Gubernur kalteng, suginto sabran, pemprov kalteng, banjir katingan, banjir kalteng, banjir kasongan, logistik banjir katingan, bupati katingan, sakari

Gubernur Kalteng: Jangan ada penumpukan bantuan masyarakat terdampak banjir

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) berbincang dengan Bupati Katingan Sakariyas saat berada di gudang logistik tempat penampungan sementara bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Kasongan, Sabtu (11/9/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Kasongan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengecek ketersediaan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Katingan.

"Bantuan ini dari kabupaten ada, provinsi ada, juga dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," kata Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Desa Baung Bango, Kecamatan Kamipang, Katingan, Sabtu.

Sugianto menegaskan semua bantuan ini harus jalan, sehingga tidak terjadi penumpukan di gudang. Penyaluran dari semua tingkatan, mulai dari atas hingga ke bawah harus terlaksana dengan baik.

"Disini ada TNI, Polri hingga Kejaksaan yang turut mengawasi. Untuk itu kami minta tidak ada penumpukan," jelasnya.
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (baju merah) tinjau dapur umum penanganan banjir di Desa Banut Kalanaman, Kabupaten Katingan, Sabtu, (11/9/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)


Gubernur meminta seluruh pemangku kepentingan di lapangan saling bersinergi dan berkolaborasi, membantu penanganan dampak banjir.

Mulai dari tenaga kesehatan, TNI, Polri dan lainnya harus terus bergerak melayani masyarakat, baik dalam pendistribusian paket sembako maupun kebutuhan pangan, serta pelayanan kesehatan.

"Kalau ada yang sakit segera tangani, apabila memerlukan penanganan lebih lanjut atau rujukan maka segera fasilitasi," pintanya.

Baca juga: Gubernur Kalteng minta pasokan elpiji daerah banjir dipenuhi

Baca juga: Gubernur perintahkan sejumlah kepala OPD sebagai korlap penanganan banjir Katingan


Dikatakannya penyaluran bantuan sembako atau pangan dapat diantar langsung kepada masyarakat secara 'door to door'. Selain itu sarana prasarana pendukung seperti perahu dan lainnya yang memang diperlukan, agar dipastikan kesiapannya sehingga semua bisa dilakukan maksimal.

Diketahui sejak tadi pagi hingga menjelang malam hari, Gubernur Sugianto Sabran mendatangi berbagai daerah di Katingan yang terdampak banjir, diantaranya Desa Banut Kalanaman, Baung Bango, Petak Bahandang dan lainnya.

Selain untuk memastikan ketersediaan serta distribusi bantuan sembako berjalan dengan baik kepada masyarakat, ia juga meninjau dapur-dapur umum yang tersedia, hingga tempat pengungsian masyarakat.

Dengan langsung ke lokasi-lokasi terdampak banjir, ia ingin penanganan di lapangan benar-benar dilakukan secara maksimal. Turut mendampingi yaitu unsur Forkopimda, Wakil Gubernur, Ketua TP PKK, Bupati Katingan, kepala organisasi perangkat daerah dan lainnya.

Adapun berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan, saat dilakukan peninjauan pada gudang logistik tempat penampungan sementara bantuan untuk masyarakat terdampak banjir Katingan, ada sekitar ratusan bantuan yang siap didistribusikan.

Baca juga: Enam kabupaten di Kalteng tetapkan status tanggap darurat bencana banjir

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021