Hari Dharma Karyadhika momentum Kemenkumham tingkatkan pelayanan publik

id Menkumham, Yasonna H Laoly, Kemenkumham, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng, Ilham Djaya, Kalteng, Kalimantan Tengah

Hari Dharma Karyadhika momentum Kemenkumham tingkatkan pelayanan publik

Menkumham Yasonna H Laoly. ANTARA/HO-Kemenkumham

Palangka Raya (ANTARA) - Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diperingati setiap Oktober menjadi momentum bagi Kemenkumham untuk meningkatkan pelayanan publik.

Menkumham Yasonna H Laoly melalui pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Jumat, meminta jajaran Kemenkumham terus meningkatkan eksistensi di bidang pelayanan publik, sehingga dapat meningkatkan citra positif Kemenkumham di masyarakat yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif).

"Mewujudkan harapan tersebut, ada lima hal yang perlu saya tekankan kepada seluruh jajaran Kemenkumham di Indonesia," kata Yasonna saat membuka HDKD 2021.

Pertama, lanjut dia, jajaran Kemenkumham senantiasa melakukan pembenahan secara komprehensif untuk menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks. Pembenahan tersebut termasuk dalam kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pengawasan melekat, serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menkumham juga meminta pegawai Kemenkumham membuat keputusan yang tepat dan akurat. Keputusan yang diambil harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, harus menjunjung tinggi norma/etika sebagai ASN serta mempertimbangkan norma/martabat masyarakat.

Sehubungan dengan pelayanan publik, jajaran Kemenkumham diharuskan melayani masyarakat secara baik dan ramah sesuai ketentuan yang berlaku. Kemudian pegawai kemenkumham selaku insan pengayoman agar aktif melibatkan diri dalam penanganan COVID-19

"Seperti turut mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan, mendukung program vaksinasi, serta aktif berkoordinasi dengan jajaran TNI, Polri, Satgas COVID-19, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat acara HDKD 2021 serta hari Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di di Jakarta yang juga diikuti secara daring oleh jajaran Kemenkumham di daerah.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng kukuhkan 12 Desa Sadar Hukum

Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto menambahkan tema HDKD 2021 “Semakin PASTI” memiliki arti adanya keberlanjutan program.

“Tujuan kita adalah dari waktu ke waktu semakin baik dalam hal profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif. Kita lihat dan evaluasi sehingga mempertahankan yang baik dan meningkatkannya sehingga semakin baik,” jelas Andap.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya usai mengikuti acara itu secara daring mengatakan Hari Kesaktian Pancasila sendiri diperingati untuk mengingat jasa para Perwira Angkatan Darat (TNI-AD) yang telah gugur, dan menghormati perjuangannya untuk mempertahankan kesatuan Indonesia.

"Tidak jauh dari perjuangan pahlawan nasional tersebut, sejarah Hari Kesaktian Pancasila juga diadakan untuk memperingati tragedi berdarah era tahun 1965 hingga 1966," kata Ilham.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng mulai laksanakan CAT CPNS

Baca juga: Kemenkumham Kalteng simulasikan SKD CPNS 2021