Ketua DPRD: TNI kedepan tidak hanya menjaga keutuhan NKRI

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, DPRD Kota Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalteng, HUT TNI

Ketua DPRD: TNI kedepan tidak hanya menjaga keutuhan NKRI

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengharapkan Tentara Nasional Indonesia (TNI), agar kedepannya tidak hanya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik INdonesia (NKRI), tapi juga melaksanakan program atau pencegahan runtuhnya jiwa kebangsaan bangsa ini.

"TNI juga harapannya melaksanakan program nasionalisme dengan dasar ideologi Pancasila, khususnya kepada generasi penerus bangsa di negara ini termasuk di Kota ini, kata Sigit saat dihubungi ANTARA di Palangka Raya, Selasa.

Dikatakan, dengan meningkatkan program tersebut, tentunya generasi muda tidak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang sifatnya bisa merusak bangsa ini, dengan cara merusak ideologi Pancasila.

"Sosialisasi ideologi Pancasila harus gencar dilaksanakan, karena kalau minim diberikan pengetahuan tersebut rentan menimbulkan perpecahan di kalangan bangsa nantinya," ucap orang nomor satu di DPRD Kota Palangka Raya itu.

Dengan menguatkan ideologi Pancasila kepada generasi bangsa di daerah setempat, tentunya bangsa ini tidak mudah diadu domba serta dipecah belah dengan yang namanya perbedaan.

Selama ini Indonesia memang sangat banyak perbedaan baik itu dari suku, bahasa adat dan budaya, namun selama ini tetap satu ideologinya Pancasila.

Baca juga: Pengurangan sanksi pelanggar protokol kesehatan di Palangka Raya disepakati

"Kalau perlu dibangun suatu institusi lembaga pembinaan penghayatan ideologi Pancasila, sehingga ideologi negara ini tidak diganggu oleh oknum-oknum yang ingin merusak generasi bangsa ini," bebernya.

Di sisi lain, sambung Sigit yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalteng, selama ini peran TNI di Kota Palangka Raya tidak hanya menjaga teritotial dan wilayahnya saja.

Melainkan, anggota TNI juga membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19. Salah satunya bergabung di tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, untuk menertibkan pelanggar prokes baik masyarakat maupun tempat usaha.

"Kedepan semoga TNI selalu jaya, sukses dan juga selalu dekat dengan rakyat. Karena TNI lahir dari rakyat sejak hingga dulu sampai sekarang," tandasnya.

Baca juga: Legislator minta Pemkot Palangka Raya rawat dan jaga fungsi taman