Komit lindungi perempuan, Kobar terima penghargaan dari Menteri PPPA

id Bupati Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, Kobar, penghargaan diterima Kotawaringin Barat, Pemkab

Komit lindungi perempuan, Kobar terima penghargaan dari Menteri PPPA

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah saat menunjukan penghargaan yang diterima dari Kementerian PPPA di Pangkalan Bun, Rabu (13/10/2021). ANTARA/HO-Prokom Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, yang diserahkan melalui virtual, Rabu (13/10/2021).

Penghargaan itu diberikan karena Pemkab Kobar dinilai telah memiliki komitmen yang kuat dalam mencapai dan mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah pun mengucap syukur atas diterimanya pengharagaan APE Award dari Kementerian PPPA itu, sekaligus menjadi motivasi bagi dirinya beserta jajaran pemerintah serta seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat dalam mengoptimalkan terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender.

"Semoga dengan komitmen bersama ini, semakin memberikan ruang, khususnya bagi kaum perempuan untuk bisa berkarya lebih lagi. Seperti yang kita sadari bersama, perempuan memiliki banyak potensi, kesempatan dan ruang yang lebih lebar harus diberikan," ucapnya.

Baca juga: Tingkatkan pelayanan, Bupati Kobar resmikan RS Pratama Kutaringin

Orang nomor satu di Pemkab Kobar itu pun mengapresiasi Kementerian PPPA yang telah menginisiasi diselenggarakannya APE. Sebab, menurut dirinya, APE ini sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

Dia berharap, penghargaan ini akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi sumber daya manusia (SDM) perempuan, yang memang benar-benar  memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

"Kami di Pemkab Kobar telah dan akan terus berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai Amanat Presiden No 9 Tahun 2000 , yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender," demikian Nurhidayah.

Acara pemberian penghargaan yang dilaksanakan Kementerian PPP secara virtual itu, langsung diikuti oleh Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah.

Baca juga: Raih WTP tujuh kali, Pemkab Kobar terima penghargaan dari Menkeu

Baca juga: Pasar di lahan hibah Korindo jadi kado ulang tahun Kobar