Hutan kota di Sukamara dikembangkan menjadi objek wisata

id Hutan kota di Sukamara dikembangkan menjadi objek wisata, Kalteng, Sukamara, wakil bupati sukamara, h Supriadi, ahmadi

Hutan kota di Sukamara dikembangkan menjadi objek wisata

Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi. ANTARA/Instagram/kominfo. sukamarakab

Sukamara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah akan membenahi pengelolaan hutan kota agar semakin menarik untuk dijadikan objek wisata kota.

"Selain menjaga keasrian kawasan itu, juga akan dikelola agar bisa menjadi alternatif pilihan bagi warga untuk berwisata. Apalagi lokasinya strategis di tengah kota," kata Wakil Bupati Sukamara Ahmadi di Sukamara.

Ahmadi meminta kepada semua instansi terkait untuk membantu pembenahan dan peningkatan kawasan hutan kota. Rencananya dibangun ekosistem baru dengan ditambahkannya beberapa hewan asli Kalimantan seperti rusa.

"Ke depan perlu ada pengembangan ekosistem hewan, cocoknya rusa karena di hutan kota  ini banyak sumber makanannya," kata Ahmadi.

Menurutnya hutan kota. Kondisi itu potensial untuk dikembangkan menjadi tempat wisata. Jika di dalamnya dikembangkan rusa dan hewan lainnya maka diperlukan pemagaran untuk menjaga keamanan.    

Baca juga: Masyarakat Sukamara terbantu program peremajaan kelapa sawit

"Hutan kota ini letaknya dekat dengan kota dan potensinya luar biasa dan harus dilestarikan serta dikembangkan," tukas Ahmadi.

Sementara itu sejumlah warga menilai pengembangan hutan kota sebagai tempat rekreasi di kota Sukamara memang dinilai perlu dilakukan oleh pemerintah daerah. Selain sebagai tempat rekreasi bagi keluarga, hutan kota juga bisa menjadi sarana edukasi bagi generasi muda tentang hutan.

“Jika dikelola sebagai tempat rekreasi dengan dibangun sarana pendukungnya tentu sangat bagus. Selain menjadi tempat rekreasi juga bisa memperlihatkan dan mengenalkan hutan kepada anak-anak,” demikian Rahman, salah seorang warga.

Pemerintah Kabupaten Sukamara berupaya terus meningkatkan pembangunan daerah. Ruang-ruang publik atau ruang terbuka hijau juga diupayakan ditingkatkan sesuai kemampuan keuangan daerah agar warga merasa puas atas layanan yang diberikan pemerintah daerah.

Baca juga: DKPP Sukamara lakukan ini untuk tingkatkan produksi pertanian