KPU Mura: Pemilih pemula harus mendapat wawasan politik

id Kpu mura, murung raya, puruk cahu, kalteng, pemilih pemula mura, pemilu 2024

KPU Mura: Pemilih pemula harus mendapat wawasan politik

Ketua KPU Murung Raya, Sanjaya menyampaikan materi sosialisasi kepada calon pemilih pemula di Puruk Cahu, Senin, (1/11). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Meningkatkan partisipasi pada pemilihan umum tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melakukan sosialisasi kepada calon pemilih pemula.

"Sosialisasi ini kami laksanakan pada SMA, SMK dan MAN yang berada di Murung Raya, utamanya di Kota Puruk Cahu," kata Ketua KPU Murung Raya, Sanjaya di sela sosialisasi di SMK Negeri 1 Tanah Siang, Senin.

Menurut dia, ini salah satu kegiatan KPU Murung Raya untuk membidik suara pemilih pemula pada pemilu 2024 mendatang. Menghadapi pemilu diperlukan pemahaman bagi pemilih pemula, sebab mereka memang harus mendapat wawasan politik yang baik, termasuk dalam menggunakan hak pilihnya.

Dia berharap dengan sosialisasi pemilu 2024 dapat memberi kepercayaan kepada para pemilih pemula dalam menghadapi hajatan politik lima tahunan.

“Yang paling saya tekankan itu jangan sampai mereka dipengaruhi politik uang. Tapi harus melihat orang yang akan dipilih dari kualitas, integritas hingga loyalitasnya,” tegasnya.

Dalam sosialisasi ini lanjut dia, pihaknya juga menyampaikan bagi mereka yang sudah berumur 17 tahun dan memiliki e-KTP bisa mendatangi kantor KPU Mura untuk didata agar terdaftar di DPT Berkelanjutan.

Sedangkan bagi yang belum mempunyai e-KTP dan sudah berumur 17 tahun diminta untuk segera ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapi) untuk melakukan proses perekaman e-KTP.

Adapun pemateri dalam sosialisasi ini dirinya yang dibantu oleh salah satu mahasiswi dari Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) yakni Hena Selvia.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021