Kakanwil Kemenkumham Kalteng terima kunjungan DPRD Kobar

id Kakanwil Kemenkumham Kalteng terima kunjungan DPRD Kobar, Kalteng, Kemenkumham, Palangka Raya

Kakanwil Kemenkumham Kalteng terima kunjungan DPRD Kobar

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah Ilham Djaya (dua kanan) menerima kunjungan dari Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat Mulyadin di Palangka Raya, Kamis (4/11/2021). ANTARA/HO-kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Tengah Ilham Djaya menerima kunjungan dari Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat Mulyadin, Kamis.

“Diharapkan dalam kegiatan ini dapat terjalin sinergitas antara DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah dalam pelaksanaan fasilitasi harmonisasi produk hukum daerah," kata Ilham Djaya.

Tujuan kunjungan ini rangka koordinasi dan konsultasi terhadap fasilitasi penyusunan produk hukum daerah di Kabupaten Kotawaringin Barat serta terkait pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan penyusunan produk hukum daerah pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah.

Dalam Kunjungan tersebut Ilham Djaya menyampaikan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah merupakan instansi vertikal Kemenkumham di daerah yang memiliki tugas dan fungsi salah satunya fasilitasi harmonisasi produk hukum daerah.

Tugas dalam rangka fasilitasi harmonisasi produk hukum daerah tersebut sejalan dengan agenda nasional pemerintah dalam upaya penataan regulasi produk hukum baik di pusat maupun di daerah. Ini dilakukan melalui penguatan pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, evaluasi serta pembentukan database peraturan Perundang-Undangan di daerah.

Baca juga: DPRD Palangka Raya ingatkan masyarakat jaga kebersihan drainase

Hal ini, lanjut dia juga untuk mewujudkan produk hukum yang sinergi dan selaras dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, sejajar serta sesuai kebutuhan hukum masyarakat.

Ilham menambahkan bahwa Tim Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Kalteng siap membantu dalam melaksanakan pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan penyusunan produk hukum daerah di wilayah Kotawaringin Barat.

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat Mulyadin mengaku gembira karena kunjungan kerja tersebut disambut dengan baik oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Dia pun mengaku berterima kasih dan berharap Kanwil Kemenkumham selalu menjadi salah satu mitra yang memberikan arahan dalam pembuatan produk hukum daerah yang sesuai dengan undang-undang dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Kejati Kalteng-UPR gelar webinar nasional bahas hukuman mati koruptor

Baca juga: Permenaker No.17/2021 permudah peserta BPJAMSOSTEK dapat KPR ringan

Baca juga: Kejati-Bulog Kalteng jalin kerja sama cegah penyimpangan