UMPR-Pemkab Kotim kerja sama tingkatkan kualifikasi ASN

id UMPR-Pemkab Kotim kerja sama tingkatkan kualifikasi ASN, Kalteng, Palangka Raya, Kotim, Sampit, Kotawaringin Timur

UMPR-Pemkab Kotim kerja sama tingkatkan kualifikasi ASN

Sekda Sukamara Rendy Lesmana (tengah) menerima kunjungan Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Irwani MAP beserta rombongan, di Sukamara belum lama ini. (ANTARA/HO-FISIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FISIP UMPR) bersama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah bekerja sama dalam upaya meningkatkan kualifikasi dan kualitas ASN dan pegawai kontrak.

"Peningkatan kualifikasi dan kualitas pegawai di lingkungan Pemkab Kotim ini dengan memfasilitasi mereka melanjutkan pendidikan di jenjang sarjana, baik S1 maupun S2," kata Dekan FISIP UMPR Irwani MAP di Palangka Raya, Kamis.

Dia menambahkan kerja sama antara pihaknya dan Pemkab Kotim juga telah dikuatkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pelaksanaan program bersama pada tahun 2022.

Selain memfasilitasi pegawai dalam berkuliah, FISIP UMPR bersama Pemkab Kotim juga bekerja sama pada sejumlah program lain seperti penelitian, pengabdian masyarakat, kajian naskah akademik untuk kepentingan kebijakan pemerintah daerah setempat, termasuk melakukan analisis jabatan.

"Selama itu terkait peningkatan kualitas SDM serta terkait tri dharma semua dapat kami kolaborasikan dengan Pemkab Kotim," kata Irwani.

Pria yang juga alumni FISIP UMPR itu menambahkan bahwa selain dengan Pemkab Kotim pihaknya juga telah menjalin kerjasama serupa dengan pemerintah kabupaten lain di Kalteng seperti Pemkab Kotawaringin Barat dan Pemkab Sukamara.

Baca juga: Gubernur minta pemda kelola tata air terintegrasi antisipasi peningkatan debit air

"Terkait kerja sama dengan ketiga pemerintah kabupaten tersebut, pekan lalu saya bersama pak Rektor serta tim dari FISIP UMPR juga bersilaturahmi dan berkomunikasi langsung dengan Pemkab setempat," kata Irwani.

Pada kunjungan itu masing-masing Pemkab setempat menyambut baik program kerja sama peningkatan kualifikasi dan kapasitas aparatur sipil negara di wilayah kerjanya.

Salah satunya seperti yang diungkapkan Wakil Bupati Sukamara Ahmadi yang menyatakan sampai saat ini masih terdapat sejumlah aparatur sipil negara dan pegawai kontrak yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas sederajat.

"Melalui kerja sama itu kami juga berharap kinerja dan kualitas ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Sukamara terus meningkat sehingga semakin mampu menjawab tantangan dan perkembangan teknologi menuju pelayanan yang semakin prima," kata Ahmadi

Baca juga: Palangka Raya terapkan sistem penataan parkir digital