Sejumlah pokdakan di Gumas bakal dibantu benih dan pakan ikan

id Kepala DPKP Gumas, Hansli Gonak, DPKP Gumas, DPKP, Gumas, Kabupaten Gunung Mas, pokdakan di Gumas bakal dibantu benih dan pakan ikan, Kalimantan Tenga

Sejumlah pokdakan di Gumas bakal dibantu benih dan pakan ikan

Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, Kepala DPKP Gumas Hansli Gonak dan lainnya saat meninjau perkembangan benih ikan yang disalurkan kepada Pokdakan Beringin di Desa Sepang Kota, Kecamatan Sepang, Senin (27/12/2021). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat, akan kembali menyalurkan bantuan benih dan pakan ikan kepada sejumlah kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di wilayah setempat pada tahun 2022.

"Pada tahun ini bantuan benih dan pakan ikan akan kembali disalurkan ke tiga pokdakan yang berada di tiga lokasi," ucap Kepala DPKP Gumas Hansli Gonak di Kuala Kurun, Senin.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai staf ahli Bupati bidang hukum, politik dan pemerintahan ini menyebut, tiga lokasi yang dimaksud yakni Kecamatan Sepang, Kurun, dan Manuhing.

Pemkab Gumas, tutur mantan Camat Kurun ini, fokus dalam mengembangkan perikanan mengingat perikanan masuk ke dalam program unggulan kepala daerah yakni Smart Agro atau pertanian dalam arti luas yang unggul.

Pada tahun 2021 lalu bantuan benih dan pakan ikan juga telah disalurkan kepada 18 pokdakan yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Bantuan tersebut, sambung mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gumas ini, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Aspirasi DPRD Gumas.

Dia menjelaskan, bantuan benih ikan yang disalurkan berjumlah 252.720 ekor dengan rincian benih lele sebanyak 86.300 ekor, patin 46.000 ekor, nila 43.000 ekor, gurame 77.420 ekor.

"Untuk pakan yang disalurkan secara keseluruhan berjumlah 27.137 kilogram, dengan rincian pakan benih 5.228 kg, pakan lanjutan size 1 sebanyak 20.109 kg, dan pakan lanjutan size 2 sebanyak 1.800 kg," paparnya.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong meminta kepada pokdakan yang telah menerima bantuan benih dan pakan ikan agar memanfaatkan secara maksimal bantuan tersebut, demi menjaga ketahanan pangan serta meningkatkan perekonomian.

"Saya harap bantuan benih dan pakan ikan yang telah diterima bisa meningkatkan pendapatan keluarga dan memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga," kata suami dari Mimie Mariatie ini.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas berharap AKD dan anggota lebih aktif

Baca juga: Pemkab Gumas benahi ruas jalan Sepang Simin-Pilang Munduk pada 2022