Dinkes Barsel pekan depan laksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun

id Pemkab barsel, barito selatan, buntok, vaksinasi anak, anak usia 6-11 tahun, kalteng, dinas kesehatan barsel

Dinkes Barsel pekan depan laksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun

Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan, drg Daryomo Sukiastono saat diwawancarai di Buntok, Kamis, (6/1). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Dinas Kesehatan Barito Selatan, Kalimantan Tengah pekan depan rencananya akan melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun di wilayah setempat.

"Saat ini kami sedang melakukan validasi data terkait jumlah anak pada usia tersebut di daerah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan, drg Daryomo Sukiastono di Buntok, Kamis.

Dikatakannya, dalam melakukan validasi data jumlah anak pada usia itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Barito Selatan, karena mereka memiliki data jumlah anak yang sekolah.

Sebab lanjut dia, usia anak yang akan divaksinasi ini tidak boleh kurang dari enam tahun, sedangkan jenis vaksin yang akan disuntikan nantinya jenis Sinovac.

Daryomo menerangkan, pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun tersebut rencananya akan dilaksanakan di setiap sekolah.

"Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di setiap sekolah dilakukan agar memudahkan mengumpulkan anak, sehingga jumlah anak yang disuntikan vaksin dalam satu kegiatan bisa lebih banyak," ucapnya.

Selain itu ia juga menyampaikan, Barito Selatan memang sudah layak dan memenuhi persyaratan melaksanakan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun ini.

Karena kata dia, syarat agar bisa dilaksanakannya vaksinasi bagi anak ini yakni jumlah vaksinasi secara umum dari semua tahap sudah tercapai sebesar 70 persen dan vaksinasi bagi lansia sudah tercapai sebesar 60 persen.

"Untuk pencapaian vaksinasi COVID-19 secara umum di Barito Selatan ini sudah melampaui dari target yang dipersyaratkan tersebut yakni tercapai sebesar 70,40 persen dan vaksinasi bagi lansia sudah tercapai sebesar 68,20 persen," jelasnya.

Barito Selatan sudah bisa dan layak melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini, karena pencapaian vaksinasi COVID-19 secara umum dan lansia sudah melampaui dari target yang telah ditentukan tersebut.