'Drive My Car' sabet penghargaan film terbaik dari NSFC

id Drive My Car,NSFC, National Society of Film Critics ,'Drive My Car' sabet penghargaan film terbaik dari NSFC,drama jepang,film jepang

'Drive My Car' sabet penghargaan film terbaik dari NSFC

Aktor Hidetoshi Nishijima and Tôko Miura dalam film “Drive My Car” karya sutradara Ryusuke Hamaguchi. (ANTARA/HO-Bitters End)

Jakarta (ANTARA) - Organisasi National Society of Film Critics (NSFC) memberikan penghargaan kepada film drama Jepang “Drive My Car” karya sutradara Ryusuke Hamaguchi sebagai film terbaik tahun 2021, dikutip dari The Hollywood Reporter pada Senin.

NSFC merupakan organisasi kritikus film di Amerika Serikat yang memberikan penghargaan tahunan prestisius di negara tersebut.

Penobatan “Drive My Car” sebagai film terbaik tersebut diumumkan secara virtual pada Sabtu (8/1) waktu setempat dalam acara tahunan yang ke-56 itu. Oleh sebab film garapan Hamaguchi ini memenangkan film terbaik, maka NSFC pada tahun ini tidak memilih pemenang untuk kategori film berbahasa asing terbaik.

Berkat “Drive My Car” dan “Wheel of Fortune and Fantasy” yang rilis pada tahun lalu, Hamaguchi juga didapuk sebagai sutradara terbaik.

Kategori lainnya, seperti aktor terbaik dimenangkan Hidetoshi Nishijima untuk aktingnya di “Drive My Car” sementara aktris terbaik dimenangkan oleh Penélope Cruz untuk film “Parallel Mothers”.

Baca juga: BTS dan IU raih penghargaan tertinggi di Golden Disc Awards

NSFC juga memberikan penghargaan khusus untuk film dokumenter “Returning to Reims” karya Jean-Gabriel Périot.

Penghargaan khusus lain, seperti Film Heritage Award diberikan kepada mendiang sutradara Bertrand Tavernier dan Peter Bogdanovich. Sementara Film Heritage Award untuk kategori Black Film Archive dianugerahkan kepada Maya Cade.

Selama ini pertemuan untuk pemungutan suara diadakan di Film Society of Lincoln Center New York, namun akibat pandemi COVID-19 maka acara tersebut diadakan secara virtual untuk kedua kalinya dan tidak akan mengadakan gelaran penghargaan.

Film “Nomadland” karya Chloé Zhao dan “Parasite” karya Bong Joon Ho telah menjadi pemenang film terbaik dalam penghargaan NSFC tahun-tahun sebelumnya.

Didirikan pada 1966, organisasi NSFC terdiri dari 59 anggota dari berbagai surat kabar di seluruh AS, termasuk The Wall St. Journal, The LA Times, The New Yorker, The Christian Science Monitor, dan NPR. Setiap tahun NSFC memberikan penghargaan untuk insan perfilman, mulai dari kategori akting, penyutradaraan, penulisan, hingga sinematografi bagi film yang tayang di layar lebar dan layanan streaming.

Baca juga: Yoo Jae-suk sabet penghargaan utama di MBC Entertainment Awards

Baca juga: BTS raih penghargaan di Japan Record Awards ke-63

Baca juga: Moon Se-yoon raih penghargaan utama di KBS Entertainment Awards