Masyarakat Palangka Raya diminta usulkan program prioritas di Musrenbang

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, M Khemal Nasery, usulkan program prioritas di Musrenbang, Kota Palangka Raya, Kalteng

Masyarakat Palangka Raya diminta usulkan program prioritas di Musrenbang

Legislator Kota Palangka Raya M Khemal Nasery (tiga dari kanan)mengikuti kegiatan musrenbang di Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu Kamis (13/1/2022). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, M Khemal Nasery mengingatkan sekaligus meminta kepada masyarakat setempat, apabila menyampaikan usulan di Musyawarah Perencanaan Pembangunan, harus benar-benar yang prioritas dan penting serta mendesak.

Permintaan itu karena usulan dari masyarakat di Musrenbang sekarang ini dibatasi maksimal delapan usulan, kata Khemal Nasery saat dihubungi di Palangka Raya, Kamis.

"Itu kenapa usulannya harus benar-benar prioritas dan penting serta mendesak karena jumlahnya hanya sedikit," tambah dia.

Politisi Partai Golkar Kota Palangka Raya yang mengikuti kegiatan Musrenbang, di Kelurahan Marang Kecamatan Bukit Batu menuturkan mereka harus bermusyawarah dengan baik. Sebab, usulan pembangunan yang diusulkan untuk tahu 2023 betul-betul bersepakat dan matang yang harus diusulkan untuk dilakukan pembangunan.

"Usulan yang diajukan harus matang dan sifatnya dibutuhkan masyarakat banyak," katanya.

Anggota Komisi B Bidang Infrastruktur dan Perekonomian DPRD Kota Palangka Raya itu juga menyarankan, usulan-usulan yang disampaikan ke musrenbang nantinya jangan hanya terkait pembangunan infrastruktur saja.

Melainkan program-program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan usaha masyarakat serta lain sebagainya yang selama ini juga sangat didambakan banyak masyarakat.

"Kalau usulan program pengembangan usaha masyarakat diusulkan, tentunya banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat salah satunya meningkatkan putaran ekonomi masyarakat di kelurahan setempat," ungkapnya.

Diakui Khemal Nasery, selama ini banyak usulan masyarakat di kegiatan musrenbang terfokus kepada pengembangan infrastruktur seperti pembangunan jalan, jembatan dan lain sebagainya padahal di sektor lain tentunya juga sangat bagus apabila dilakukan.

Baca juga: Legislator Palangka Raya ingatkan masyarakat tetap terapkan prokes

"Semoga saja masukan-masukan saya kepada masyarakat yang bermusyawarah terkait program-program yang diajukan musrenbang di dengar, sehingga kebutuhan masyarakat setempat terpenuhi," pintanya.

Ia juga berharap hal serupa juga disarankan kepada  seluruh warga yang berada di kelurahan di daerah setempat, sebab apa yang disarankan tersebut akan membawa manfaat yang baik bagi masyarakat setempat. 

"Ya harapan kami semuanya usulan program dari kegiatan musrenbang membantu masyarakat, baiik di bidang ekonomi maupun pembangunan," demikian Khemal.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya apresiasi vaksin 'booster' gratis ke masyarakat

Baca juga: Legislator Palangka Raya imbau warga waspadai DBD